Pemkab. Dompu Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Tingkat Kabupaten Dompu Tahun 1446 H/ 2024 M.

Thursday, September 19th 2024. | BERITA


Bertempat di Lapangan Beringin Pendopo Bupati Dompu, Pemerintah Kabupaten Dompu menggelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Tingkat Kabupaten Dompu tahun 1446 H/ 2024 M, Rabu, 18/09/2024 jam 19.30 – selesai.

Hadir Wakil bupati Dompu, Ketua dan anggota DPRD kabupaten Dompu, Ketua pengadilan negeri kabupaten Dompu, Ketua pengadilan agama kabupaten Dompu, Anggota Forkompimda kabupaten Dompu, Sekretaris Daerah, Asisten, Staf Ahli Bupati, serta Pimpinan Perangkat Daerah lingkup Pemkab Dompu, Kepala kantor kementerian agama kabupaten Dompu, Kabag lingkup setda kabupaten Dompu, Pimpinan BUMN/MUMD se-kabupaten Dompu, Camat se-kabupaten Dompu, Ketua MUI dan Baznas, Ketua TP. P,KK, GOW, DWP dan ketua organisasi wanita lainnya se-kabupaten Dompu, Ketua Dewan Masjid, dan ketua BKM mesjid Agung Baiturrahman Dompu, Kepala SSM/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA, Ponpes dan Perguruan tinggi beserta murid dan santri, Lurah dan Kepala Desa se kabupaten Dompu, Tokoh agama, tokoh masyarakat dan ketua organisasi islam, Insan pers baik cetak maupun elektronik.

Bupati Dompu H. Kader Jaelani dalam sambutannya menyampaikan bahwa peringatan maulid nabi Muhammad SAW, selain sebagai ajang mensyiarkan agama islam, juga dijadikan sebagai wahana menyambung silaturrahim, selain itu peringatan maulid nabi Muhammad SAW ini sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT karena telah mengutus suri tauladan bagi kita semua yang membawa rahmat bagi sekalian alam semesta baginda Rasulullah SAW.

Peringatan maulid nabi Muhammad SAW tiap tahunnya diselenggarakan seluruh umat muslim dunia, dengan tujuan mengenang kembali hari lahir nabi serta mencontoh perilaku maupun budi pekertinya, yang penuh dengan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT, besar harapan dari setiap penyelenggaraan maulid yang dilaksanakan tidak hanya seremonial belaka, kita bisa memetik hikmah dari perayaannya, kemudian diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari” Ujar Bupati.

Lanjut Bupati, momentum peringatan maulid nabi Muhammad SAW untuk bermuhasabah evaluasi diri agar menjadi pribadi yang lebih baik.
Dan saya mengajak kepada kita semua yang ada disini, momentum kelahiran nabi muhamamd saw, akhir acara nanti marilah kita bersama-sama memanjatkan doa memohon keberkahan dari allah subhanahu wata’ala, agar bangsa dan daerah kita kabupaten Dompu yang kita cintai bersama ini, senantiasa dijauhkan dari segala aral rintangan dan bencana, dijadikan daerah yang Mashur (Mandiri, Sejahtera, Unggul dan Religius) dijadikannya daerah yang baldatun toyyibatun warrabun ghafur.

Lebih lanjut Bupati, pada kesempatan ini pula saya menyampaikan ucapan terima kasih dan rasa penghargaan kepada seluruh kafilah kabupaten Dompu yang telah mengikuti Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat tahun 2024 di kabupaten Sumbawa Barat beberapa waktu yang lalu. Kafilah kabupaten Dompu menempati posisi yang lebih baik dari tahun sebelumnya yakni mendapatkan juara keempat se – Provinsi Nusa Tenggara Barat dengan memperoleh 4 mendali emas, 5 mendali perak, 5 mendali perunggu. Prestasi ini cukup membanggakan serta sebagai motivasi kepada qori dan qariah untuk terus belajar dan memahami kandungan al qur’an secara menyeluruh” Papar Bupati.

Kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) secara berjenjang akan terus kita tingkatkan kualitas pelaksanaannya serta pola pembinaan kepada qori qori’ah secara kontinyu dan berkelanjutan;

Sebelum mengakhiri sambutannya Bupati mengajak kepada seluruh jamaah yang hadir untuk dapat menyimak dan mengambil hikmah maulid dari penyampaian Habib Abdurrahman Aljufry (Pimpinan Majelis Dhiya’ul Musthofa Zahir Mania Banyuwangi Jawa Timur) yang menguraikan tentang hikmah maulid nabi Muhammad SAW,

Kemudian terakhir pada kesempatan ini, saya juga mengajak kepada kita semua, untuk saling menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat, sehingga dapat berjalan aman, tentram, tertib, lancar, harmonis dan kondusif apalagi menjelang pilkada serentak hindari hoax saling memfitnah satu sama lain karena akan menimbulkan perpecahan antar saudara.

Sedangkan penceramah Habib Abdurrahman Aljufry dalam hikmah Maulid pada intinya menyampaikan perlunya kita memperbanyak Sholawat kepada baginda Nabi Muhammad SAW, nabi Muhammad adalah sosok yang penuh teladan yang di pilih allah SWT sebagai rahmat bagi alam semesta, memperbanyak puasa di hari senin sebagai ungkapan rasa syukur atas kelahiran nabi, momen untuk merayakan dengan gembira kehadiran sosok mulia dan sempurna yakni nabi Muhammad SAW. Menauladani dan mengamalkan sifat terpuji nabi Muhammad.

Pada keselmpatan tersebut juga di berikan dana pembinaan bagi para juara Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Provinsi Nusa Tebggara Barat yang di selenggarakan di Kabupaten Sumbawa Barat beberapa waktu yang lalu” ( TM Kominfo).

Share and Enjoy !

Shares

Related For Pemkab. Dompu Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Tingkat Kabupaten Dompu Tahun 1446 H/ 2024 M.