Peringati Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2023, Pemda Dompu Gelar Upacara Bendera.

Sunday, October 1st 2023. | BERITA

Dompukab.go.id – Hari Kesaktian Pancasila adalah sebuah peringatan yang dilakukan di Indonesia untuk mengenang peristiwa bersejarah yang terjadi pada tanggal 1 Oktober 1965. Peristiwa tersebut berkaitan dengan percobaan kudeta yang dikenal dengan sebutan “Gerakan 30 September” atau G30S/PKI.

Hari Kesaktian Pancasila diperingati pada tanggal 1 Oktober setiap tahun untuk mengenang peristiwa tersebut dan menghormati para korban yang tewas dalam peristiwa tersebut.

Selain itu, Hari Kesaktian Pancasila juga diperingati sebagai bentuk tegaknya Dasar Negara Pancasila, yang tak akan tergantikan oleh ideologi apa pun, termasuk komunis.

Hari Kesaktian Pancasila diperingati melalui berbagai kegiatan yang memiliki makna penting untuk mengenang peristiwa bersejarah tersebut dan menghormati para korban. Adapun kegiatan yang umum dilakukan untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila antara lain, upacara bendera, doa bersama, diskusi atau seminar, dan sebagainya.

Di Kabupaten Dompu, Upacara Bendera memperingati Hari Kesakitan Pancasila 1 Oktober 2023 digelar dengan suasana haru dan berlangsung khidmat.

Upacara yang digelar diikuti oleh Bupati Dompu H. Kader Jaelani yang bertindak sebagai Inspektur Upacara, selanjutnya pembaca teks Pembukaan UUD 1945 oleh Ketua DPRD Dompu H. Andi Bachtiar A.Md.Par, dan Pembaca Ikrar Sekda Dompu Gatot Gunawan PP, SKM., M.Kes.

Sementara itu yang bertindak sebagai Komandan Upacara Kanit II Satreskrim Polres Dompu Ipda Fitrawan Dwi Ramadhani SIK, Perwira Apel Kapten Infanteri Adisan, dan Perwira Seksi Operasi dari Kodim 1614/Dompu.

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila berlangsung pada Minggu, 1 Oktober 2023 sekitar pukul 07.30 Wita – Selesai di Lapangan Beringin Dompu.

Terlihat juga hadir di momen upacara peringatan hari kesaktian pancasila ini Unsur Forkopimda Kabupaten Dompu, Pimpinan OPD, Pejabat Struktural dan Fungsional, Unsur TNI dan POLRI, Ketua TP. PKK, Ketua GOW, Ketua DWP, Ketua Orgsnisasi Wanita lainnya, Tokoh Agama,Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, hingga elemen penting lainnya.

Upacara yang diikuti oleh seluruh ASN di Kabupaten Dompu ini berlangsung khidmat, aman dan lancar hingga akhir. (TM.KOMINFO)

Share and Enjoy !

Shares
tags: , ,

Related For Peringati Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2023, Pemda Dompu Gelar Upacara Bendera.