Tim Lomba Desa/Kelurahan Lakukan Penilaian, Berpeluangkah Dompu Mewakili NTB

Tuesday, June 13th 2023. | BERITA

 

Sambutan Bapak Bupati Dompu Pada Acara Penilaian Lomba Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi NTB

dompukab.go.id – Dalam mewujudkan Pemerintahan yang Good Governance, khususnya ditingkat Desa/Kelurahan dituntut harus mampu memanajemen Tata kelola pemerintahan dengan baik, dimulai dari pengelolaan pemerintahan yang menjunjung tinggi transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, independensi dan kesetaraan/ kewajaran serta berpegang teguh pada aturan dan prosedur yang berlaku sehingga berdampak pada pembangunan pertumbuhan Ekonomi dan sosial kemasyarakatan.

Atas dasar tersebut, Kabupaten Dompu memilih Kelurahan Simpasai dan Desa Kareke mewakil Bumi Nggahi Rawi Pahu untuk mengikuti Lomba Desa Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat dengan teman “Tata Kelola Pemerintahan yg baik dalam mewujudkan Stabilitas Ekonomi Sosial Desa/Kelurahan”.

Pemilihan Kelurahan Simpasai dan Desa Kareke sangat beralasan. Lantaran telah melalui seleksi Administrasi yang ketat serta dilakukan pembinaan oleh Dinas/Instansi terkait.

Setelah terpilih mewakili Dompu, Tim Penilai Lomba Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi turun untuk melakukan survey untuk memberikan penilaian langsung.

Kedatangan Ketua Tim dan rombongan diawali di Kelurahan Simpasai dan disambut langsung Bupati Dompu, Unsur Forkopimda, Sekda, Kepala OPD, Camat, Kepala Desa/Lurah, Toga, Toma dan masyarakat, Selasa (13/6/2023).

Kedatangan rombongan disambut meriah yang diawali dengan penyematan selendang Muna Paa dan bentangan bendera Merah Putih anak-anak sekolah dasar. Kemudian pantun dan tarian adat Budaya Dompu “Wura Bongi Monca” menjadi gerbang yang semakin menyemarakkan penyambutan Tim Penilai.

Melihat Tata Kelola Pemerintahan Desa/Kelurahan yang berkaitan dengan Administrasi dalam mewujudkan stabilitas Ekonomi dan Sosial, Bupati H. Kader Jaelani meyakini, Kelurahan Simpasai dan Desa Kareke dipastikan akan mampu tampil sebagai juara dalam lomba desa/kelurahan tingkat Provinsi NTB tahun ini. “Kami yakin Kelurahan Simpasai dan Desa Kareke berpeluang juara dan akan mewakili NTB ditingkat Nasional,” ucap Bupati yang diamini warga.

Oleh sebab itu, Bupati berharap kepada Tim Penilai Lomba agar dapat memberikan penilaian yang seobjektif mungkin. “Kami sangat berharap menjadi juara, namun semuanya tergantung dari tim yang menilainya,” ujar Bupati.

Keyakinan Bupati bahwa Dompu akan mewakili NTB pada lomba tingkat Nasional, dikarenakan Kelurahan Simpasai dan Desa Kareke juga telah mendapat dukungan dan pembinaan dari semua pihak, khususnya OPD dan stakeholder terkait lainya.

Terutama yang berkaitan dengan pembinaan Sumber Daya Manusia, pembinaan peningkatan ekonomi melalui UMKM dan pembinaan sosial kemasyarakatan, serta berbagai hal yang menjadi kriteria penilaian.
“Sekali lagi, kami sangat optimis dapat masuk nominasi menjadi jawara dalam lomba Desa dan Kelurahan tingkat Provinsi NTB tahun ini”, ujar Bupati.

Sementara itu, Ketua Tim Penilai Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi NTB, Yus Harudian Putra, S.STP, mengapresiasi penyambutan yang sangat meriah dari masyarakat Dompu, khususnya warga di Kelurahan Simpasai dan Desa Kareke. “Sambutan yang sangat luar biasa ini menunjukkan adanya kebersamaan semua unsur di Kabupaten Dompu untuk mensupport Desa/kelurahan yang mengikuti lomba ini”, sebutnya.

Melihat semangat masyarakat Dompu, Ketua Tim mengatakan akan memberikan penilaian yang seobjektif mungkin, terutama yang berkaitan dengan Tata Kelola Pemerintahan desa/kelurahan yang baik dalam mewujudkan Stabilitas Ekonomi dan Sosial.

Penyambutan Rombongan Tim Penilai lomba pada siang harinya di Desa Kareke didampingi Sekda Dompu bersama Pimpinan OPD, Unsur Forkopimda, Camat, Tokoh Agama, Masyarakat dan Pemuda yang berlangsung meriah, aman dan lancar. (TM.Kominfo)

Share and Enjoy !

Shares

Related For Tim Lomba Desa/Kelurahan Lakukan Penilaian, Berpeluangkah Dompu Mewakili NTB