Serah Terima Jabatan Kepala Dinas Dikpora, Bupati Dompu Paparkan Kemajuan Program Terpijar

Monday, August 3rd 2020. | BERITA

Acara serah terima jabatan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Dompu dari H. Ikhtiar SH (pejabat lama) kepada M. Amin S.Sos (pejabat baru/Plt Kadis Dikpora Dompu). Senin, (3/8/2020)

DOMPUKAB.GO.ID – Dalam momentum acara serah terima jabatan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Dompu dari H. Ikhtiar SH (pejabat lama) kepada M. Amin S.Sos (pejabat baru/Plt Kadis Dikpora Dompu) yang juga menjabat sebagai Kadis DPMPTSP Dompu yang berlangsung di gedung Samakai Dompu Senin (3/8/2020), Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin, dalam sambutannya mengungkapkan, selama kepemimpinannya jumlah angka kemiskinan di Kabupaten Dompu menurun.

“Angkanya dari 20 persen Tahun 2010 turun menjadi 12 persen. Hal itu berdasarkan data statistik,” ungkap Bupati.

Bupati menyebut, uang yang beredar di Kabupaten Dompu waktu dulu mencapai 2 triliun sekarang mencapai angka RP 7,8 triliun. Uang inilah yang membuat banyak warung di pinggir jalan yang berubah bentuk jadi ruko dan sebagiannya.

Menurutnya, karena program Terpijar, para orang tua bisa biayai sekolah anak-anaknya dan memenuhi kebutuhan lainnya. Ini berkat hasil kerja keras para orang tua dan pemerintah tetap atau sangat memperhatikan masyarakatnya,” kata Bupati.

Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin menghadiri penyerahan jabatan Kepala Dinas Pendidikan Pemudan dan Olahraga di Gedung Samakai. Senin, (3/8/2020)

Ditambahkan Bupati, dengan Program terpijar semua sudah mulai mengurangi pemandangan-pemandangan yang menampilkan kemiskinan. “Saya selaku Bupati tentunya sangat berharap kepada masyarakat tetap memberikan kontribusi terhadap pendidikan terutama kepada anaknya,” tandasnya.

Pejabat lama Kadis Dikpora Dompu) H. Ikhtiar SH, melalui penyampaiannya dalam acara ini mengaku, dirinya pensiun dari Kepala Dinas Dikpora karena memutuskan maju (bakal mencalonkan diri) pada Pilkada Tahun 2020.

“Itulah alasan saya harus mundur dari ASN untuk ikut menjadi calon Wakil Bupati pada 9 Desember 2020 mendampingi Hj Ery Aryani H Bambang (calon Bupati Dompu),” ujarnya.

Kata H. Ikhtiar SH, tujuan yakni ingin memperluas pengabdiannya terutama dalam bidang pendidikan khususnya mensejahterakan para guru.

Menurutnya, Aparatur Sipil Negara (ASN) yakni yang benar-benar melayani guru yang ada di hati siswa. Menjadi guru itu harus melihat di hati para siswa dan betul betul memahami apa yang menjadi guru terutama saat berada di dalam kelas.

“Guru adalah orang tua dari anak anak dikala berada dalam lingkungan sekolah,” jelas H. Ikhtiar SH.

Diakui H. Ikhtiar SH, selama 9 tahun 8 bulan dirinya menjabat kepala dinas Dikpora. Tentu ada kelebihan ada kekurangan. “Lewat kesempatan ini saya beserta keluarga memohon maaf, apabila selama ini ada salah, baik itu dalam bersikap dan tutur kata,” pintanya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Dikpora Dompu (pejabat baru), M. Amin S.Sos, melalui penyampaiannya juga mengatakan, dirinya merasa bersyukur karena dipercaya untuk menduduki jabatan sebagai Plt. Kadis Dikpora Dompu. “Ini adalah amanah buat saya untuk membawa pendidikan di Kabupaten Dompu kearah yang lebih maju,” katanya.

Menurut M. Amin S.Sos, sebagai guru mempunyai tujuan adalah menghasilkan anak didik yang berkualitas dan mampu bersaing dengan anak didik yang berada di luar daerah.

“Kita harus bangga menjadi guru apabila anak didik kita berhasil atau menjadi pejabat tinggi,” tuturnya.

Ditambahkan M. Amin S.Sos,
pendidikan bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa termasuk mendidik anak-anak yang belum atau menjadi bisa.

“Istilah zaman sekarang ini anak-anak yang menguasai ilmu pengetahuan dan anak-anak yang berakhlakul karimah yang mempunyai Akhlak yang mulia tentu tau membedakan mana yang baik dan buruk,” jelasnya.

Untuk mencapai tujuan tersebut sambung M. Amin S.Sos, tidak lepas dari peran seorang guru yang ada di depan kelas. Maka itu, diminta kepada guru dan kepala sekolah untuk memahami yang namanya kurikulum yang didalamnya memiliki program tahunan (program semester) atau Rencana Pembelajaran Pendidikan (RPP).

“Ini yang harus kita laksanakan sesuai dengan undang undang pendidikan saat ini,” terangnya.

Lebih jauh M. Amin S.Sos menegaskan, baik atau tidaknya pendidikan tergantung kepada bapak ibu guru. Maka itu, perlu peningkatan baik mengenai kualitas dan harus juga memperhatikan moril guru,” paparnya.

Dalam acara serah terima jabatan Kepala Dinas Dikpora Dompu ini, selain dihadiri Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin, juga hadir Kepala BKD dan PSDM Dompu Ir. Ruslan, Kepala OPD lainnya, anggota Forkopimda Dompu, ASN di lingkup OPD Pemda Dompu, Kepala Sekolah dan Guru se-Kabupaten Dompu serta undangan lainnya. (TM KOMINFO)

tags: , ,

Related For Serah Terima Jabatan Kepala Dinas Dikpora, Bupati Dompu Paparkan Kemajuan Program Terpijar