Rapat Paripurna DPRD, Ini Penyampaian Bupati Dompu

Monday, November 30th 2020. | BERITA

Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin, Menghadiri Rapat Paripurna di ruangan Sidang Kantor DPRD Dompu. Senin (30/11/2020)

DOMPUKAB.GO.ID– Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin, Senin (30/11/2020) menghadiri langsung Rapat Paripurna yang dilaksanakan DPRD Kabupaten Dompu di ruangan sidang kantor DPRD Dompu.

Rapat membahas berbagai item antara lain Laporan Banggar terhadap hasil pembahasan RAPBD tahun anggaran 2021, penyampaian laporan hasil pembahasan Bapemperda DPRD Dompu, Jawaban Pemerintah atas Laporan Banggar dan Laporan Bapemperda DPRD Dompu dan penyampaian akhir Fraksi-Fraksi DPRD Dompu, penandatangan berita acara ini, dipimpin langsung Ketua DPRD Dompu Andi Bachtiar A.Md, Par didampingi Wakil Ketua I DPRD MUHAMMAD AMIN, S. Pd, Wakil Ketua II M. JAMALUDDIN, S.Sos beserta seluruh jajaran anggota DPR Dompu.

Hadir juga, Sekda Dompu Drs. H. Muhibuddin M.Si, Kepala Kejaksaan Negeri Dompu M. ABETO. H, S.H., M.H, Waka Polres Dompu KOMPOL I NYOMAN ADI KURNIAWAN SH, PasiLog Kodim 1614 Dompu KAPTEN I KETUT SUGRA, asisten dan staf ahli Pemerintah Daerah Dompu, Forkompinda Dompu, para pimpinan SKPD dan pejabat struktural lingkup Pemda Dompu dan undangan lainnya.

 

Rapat ini pun, dibuka secara langsung Ketua DPRD Dompu dan diawali dengan penyampaian Laporan Banggar terhadap hasil pembahasan RAPBD tahun anggaran 2021 oleh Ketua komisi I DPRD Dompu Ir. MUTTAKUN dan
penyampaian laporan hasil pembahasan Bapemperda (Badan Pembentukan Perda) DPRD Dompu.

Setelah itu, dilanjutkan dengan penyampaian jawaban pemerintah atas laporan banggar dan laporan Bapemperda DPRD Dompu yang intinya menjelaskan bahwa APBD tahun anggaran 2021 merupakan penyempurnaan regulasi dari peraturan pemerintah nomor lima delapan tahun 2005 tentang pengelolaan keuangan daerah dan Permendagri nomor 12 tahun 2006 tentang pedoman pengelolaan keuangan daerah peraturan pemerintah nomor 12 tahun 2019 tentang pengelolaan keuangan daerah di mana pada Bkt belas tahun 2019 terdapat berbagai struktur APBD dan penerapan sistem integrasi pemerintah daerah yang mengintegrasikan proses atau tahapan perencanaan penganggaran dan Penata usahaan hingga pelaporan dan pertangungjawaban keuangan daerah dalam satu sistem.

Mengenai usul saran yang disampaikan oleh badan anggaran DPRD untuk APBD tahun 2002 satu yang termuat dalam program kegiatan belanja pada seluruh OPD sehingga belanja mengalami perubahan posisi pendapatan maupun belanja daerah. Dari usul saran yang disampaikan melalui hasil pembahasan Raperda APBD APBD tahun anggaran 2021 yang dilakukan oleh panitia Banggar di atas serta untuk menghadapi pembangunan pemerintah Kabupaten Dompu, untuk satu tahun ke depan yang termuat dalam program kegiatan belanja pada seluruh OPD maka laporan hasil pembahasan badan anggaran DPRD terhadap Raperda APBD tahun anggaran 2021, sebagai berikut :

Terkait penginputan belanja pada sistem PPDB di mana terdapat masih adanya kesalahan dalam perencanaan program kegiatan dan penginputan standar satuan harga, standar biaya upah , harga satuan pokok kegiatan dan anggaran satuan belanja untuk lebih teliti lagi.
Untuk memenuhi angkatan kerja dengan skin atuh kaalian tertentu akan dilakukan pelatihan kerja sehingga membutuhkan balai latihan kerja.

Untuk peningkatan program pelayanan persembahan pemerintah Kabupaten Dompu melakukan pengadaan mobil sampah secara bertahap sesuai dengan kemampuan keuangan daerah dengan adanya pengadaan satu unit mobil sampah pada APBD tahun anggaran 2021. Mengenai kesejahteraan guru Honorer daerah akan tetap upayakan untuk peningkatan insentif.

Terkait dengan akses informasi terhadap informasi pelaksanaan pembangunan di daerah pembentukan Dompu akan lebih meningkatkan dan menambah jaringan website sesuai target RPJMD tahun 2021 untuk untuk mendukung promosi pariwisata dan mendukung kegiatan kegiatan banyak di pemerintah Kabupaten Dompu.

Mengenai lokasi pembangunan Puskesmas Nanga kara di kecamatan pekat. Untuk rencana relokasi Puskesmas kota yang berolah berlokasi di perempatan sweater berpotensi menimbulkan kemacetan baru karena mengingat pada jalur tersebut terdapat terminal bayangan pemerintah ukuran Dompu telah melakukan perencanaan secara matang dan melakukan studi kelayakan dengan adanya dukungan luas area yang sangat memungkinkan untuk mengatur lalin dan menghindari kemacetan.

Setelah itu, kembali dilanjutkan dengan penyampaian kata Akhir oleh masing-masing Fraksi DPRD Kab.Dompu yang intinya menerima dan menyetujui Raperda RAPBD tahun anggaran 2021 dan Raperda Kesetaraan Gander. Kemudian kembali dilanjutkan dengan
pembacaan dan Penandatangan Berita Acara Raperda RAPBD tahun anggaran 2021 oleh Bupati Dompu Drs. H. BAMBANG M. YASIN, Ketua DPRD Dompu ANDI BACHTIAR, A.Md.Par, Wakil Ketua I DPRD MUHAMMAD AMIN, S. Pd dan Wakil Ketua II M. JAMALUDDIN, S.Sos.

Bupati Dompu Drs H. Bambang M. Yasin, melalui sambutannya dalam rapat ini menyampaikan ucapkan terima kasih kepada pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Dompu yang telah melewati berbagai tahapan dan proses yang membutuhkan perhatian dan tanggung jawab yang besar dari segenap pimpinan dan anggota DPR ke menumpuk lebih khusus kepada Banggar DPRD dan Bapepam Perda DPRD Kabupaten Dompu dalam pembahasan Raperda APBD Kabupaten Dompu tahun 2022 dan Raperda pengarusutamaan gender menjadi peraturan daerah Bandung puluh tahun 2020 secara bersama.

Kata Dia, Ini adalah wujud Kepedulian akan tanggung jawab kita bersama dari segenap pimpinan dan anggota dewan yang terhormat yang telah bersinergi dengan pemerintah daerah dan mampu menyelesaikan pembahasan rancangan peraturan daerah APBD kubantu tahun 2002 satu dan Raperda pengarusutamaan gender menjadi peraturan daerah.

“APBD 2021 adalah APBD terakhir baru periode kepemimpinan saya sebagai Bupati Dompu masa bakti 2016-2021 satu oleh karena demikian saya sangat berharap di akhir periode kepemimpinan saya APBD yang telah kita sahkan hari ini memberi arti yang sangat penting bagi kesejahteraan masyarakat dan daerah Kabupaten Dompu,” ungkapnya.

Lanjut Bupati, agenda besar selanjutnya dalam waktu dekat Ini adalah pelaksanaan pemilihan Bupati dan wakil Bupati Dompu sesuai jadwal dari komisi pemilihan umum atau ndak sanakan pada 9 Desember 2020.

Pada kesempatan ini, Bupati mengajak kepada semuanya termasuk seluruh masyarakat Dompu putuskan bersama sama mensukseskan pelaksanaan agenda Pilkada ini. Menurut Dia, hal ini sangat penting untuk kelanjutan program dan kegiatan pembangunan di Kabupaten Dompu pada lima tahun berikutnya.

“Saya terus menghimbau kita semua dalam berbagai aktivitas agar terus mematuhi peraturan protokol pencegahan Covid-19,” katanya. (TM KOMINFO)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Related For Rapat Paripurna DPRD, Ini Penyampaian Bupati Dompu