DOMPU TUAN RUMAH KONTES TERNAK TINGKAT PROVINSI NTB TAHUN 2023

Thursday, August 24th 2023. | BERITA

dompukab.go.id – Bertempat di lapangan Transad Desa Doromelo Kecamatan Manggelewa Kabupaten Dompu dilaksanakan kontes ternak tingkat Provinsi NTB kamis, 24/08/2023, di mana kabupaten Dompu merupakan tuan rumah pada perhelatan tersebut.

Hadir pada kegiatan tersebut Gubernur NTB yang di Wakili Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan NTB, Bupati Dompu, Wakil Bupati, Ketua DPRD Dompu, Forkopimda  Dompu, Dirjen Peternakan yang di Wakili Direktur Kesehatan hewan, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi NTB, Sekretaris Daerah kab. Dompu, Kepala Dinas Peternakan dan kesehatan hewan kabupaten/kota se Provinsi NTB, Pimpinan OPD se kab. Dompu, Kepala Biro Setda NTB,  Camat se kab. Dompu, Kepala Desa se kab. Dompu, Pimpinan BUMN/BUMD, Dekan Fakultas Peternakan Unram, Kepala BPTU-HPT Denpasar, Kepala balai inseminasi buatan NTB, Pejabat struktural dan fungsional serta undangan lainnya.

Gubernur NTB yang di Wakili Kepala Dinas Peternakan Provinsi NTB  Muhammad Riadi, SP MCEF dalam sambutannya ketika membuka secara resmi kontes ternak tersebut menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi – tingginya  kepada Dinas Peternakan NTB dan Dinas Peternakan Dompu yang telah mempersiapkan segala hal yang terkait pelaksanaan kegiatan,   berkumpul dengan peternak – peternak unggul dan hebat tidak kalah dengan daerah lain, ujarnya.

Lanjut Gubernur membangun Peternakan di NTB agar lebih banyak yang mau terjun untuk memajukan peternakan khususnya meningkatkan  SDM baik di peternakan kebun sendiri maupun petugas yang memanfaatkan pengembangan teknologi yang semakin maju, teknologi inseminasi buatan dan transfer embrio merupakan teknologi untuk meningkatkan produksi dan produktifitas ternak yang tentunya juga bertujuan untuk menarik minat peternak di NTB untuk itu di berikan penghargaan, ungkapnya.

Sedangkan Dirjen Peternakan Kementan RI dalam sambutannya yang di bacakan Direktur Varindrau Kesehatan Hewan Kementan RI Dr. Fahri Suhada, S.PT, M. Si dalam sambutannya antara lain mengatakan pada saat pandemi covid 19 tahun 2020 – 2022 sub sektor peternakan dan kesehatan hewan memberikan sumbangan positif bagi perekonomian nasional PDB sejak tahun 2022 memiliki pertumbuhan 6,24% di bandung tahun 2021, nilai ekspor tahun 2020 – 2022 mencapai 10,86% dengan 1.184 milyar USD, dengan tujuan ekspor lebih dari 100 negara menembus pasar singapura dan Uni Emirat Arab.

Sedangkan Bupati Dompu dalam sambutannya menyampaikanTerselenggaranya kontes ternak tingkat Provinsi NTB kali ini di kabupaten Dompu tahun 2023, merupakan ajang kontes ternak tingkat provinsi NTB yang pertama kali diluar pulau lombok sejak diadakannya penyelenggaraan kegiatan kontes ternak tingkat provinsidi NTB.Selama ini penyelenggaraannya hanya dilakukan di pulau lombok.
Lanjut Bupati, pemerintah berterima kasih kepada para peternak sapi yang hadir dan yang telah mewakili masing-masing Kecamatan sebagai wujud partisipasi dan gambaran keberhasilan peternakan rakyat yang mandiri, .
Penyelenggaraan ini sangat mendukung misi pemerintah kabupaten Dompu (jarapasaka) dalam sektor peternakan ,lebih khusus pengembangan ternak sapi.

Lebih lanjut Bupati, pada tahun ini, populasi ternak sapi sebanyak 164.166 ekor atau terjadi penambahan signifikan 6,2% dibanding tahun sebelumnya banyak 6 %. Populasi kerbau sebanyak 16.789 ekor, kambing 50.170 ekor. penambahan populasi tersebut didukung bertambahnya jumlah kelahiran alam maupun terjadinya akselerasi peningkatan populasi melalui inseminasi buatan oleh para petugas inseminator kita.

Pelayanan inseminasi buatan mengalami penambahan yang sangat signifikan. Hingga bulan agustus ini jumlah pelayanan telah melampaui hingga lebih dari 200 persen dari target 7000 d0sis untuk tahun 2023. Support dan dukungan pemerintah dalam mensukseskan peternakan masyarakat telah diwujudkan dalam beberapa kegiatan penting seperti melakukan penanganan vaksinasi PMK yang masif dan menyeluruh dengan capaian vaksinasi 67,12 %, penandaan mencapai 78% dari total populasi dan telah dilakukan sosialisasi percepatan pengenalan hijauan makanan ternak bagi peternak dan kelompok ternak untuk peningkatan kualitas pakan.serta gerakkan akselerasi pelayanan inseminasi buatan (IB) yang makin gencar dan masif diilakukan diseluruh wilayah kabupaten Dompu. Kehadiran peternak beserta sapi dalam kegiatan kontes hari ini menjadi cerita dan kebanggaan tersendiri bagi keberhasilan peternakan rakyat dikabupaten Dompu.

Kontes ternak tahun ini adalah momentum terbaik untuk menunjukkan bahwa usaha peternakan rakyat dikabupatn Dompu makin menunjukkan perkembangan yang signifikan dan dapat menjadi momentum perubahan perilaku dan pola pemeliharaan ternak kearah intensifikasi yang makin produktif dalam meningkatkan kualitas produk ternak seperti yang ditampilkan dalam arena kontes hari ini.

Dalam hal kuantitas, bahwa kepemilikan jumlah ternak oleh beberapa rumah tangga di hampir semua Kecamatan ternyata ada yang memiliki lebih dari 150 ekor per kkak dan bahkan ada beberapa orang yang memilki hingga lebih dari 450 Ekor.

Untuk hal itu pemerintah kabupaten Dompu lebih khusus memberikan apresiasi dan penghargaan kepada beberapa peternak atas semangat dan konsistensinya dalam berusaha di sektor peternakan secara berkelanjutan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian keluarga, dan dapat menjadi contoh untuk memberikan motivasi beternak kepada masyarakat lainnya dalam mendukung kemajuan peternakan dikabupaten Dompu.

Sebelumnya panitia melaporkan peserta berasal dari peternak se pulau sumbawa dengan tujuan memberikan apresiasi kepada seluruh peserta peternak yang ada di NTB dengan kategori 1. Sapi lokal kelas E (sapi lokal bantoel), 2..kelas C untuk calon induk, 4.kelas D untuk ternak hasil transfer embrio  sedangkan kategori lainnya ternak eksotik, terdiri dari kelas a, kelas 1 dan 2 sapi eksoel, sapi kelas C calon induk serta sapi eksotik transfer embrio. Sapi peserta kontes tahun 2023 ini sebanyak 124 ekor. (TM Kominfo).

Share and Enjoy !

Shares

Related For DOMPU TUAN RUMAH KONTES TERNAK TINGKAT PROVINSI NTB TAHUN 2023