Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Dukung Produk Lokal Kabupaten Dompu

Saturday, October 24th 2020. | BERITA

Foto bersama Dr. Ir. Tukul Romeyo Adi, MSc, Drs. H. Muhibuddin, M.Si, beserta jajaran Pemkab Dompu dalam acara Kunker di Kabupaten Dompu

DOMPUKAB.GO.ID – Deputi Bidang sosio-antropologi Kementrian Koordinator Bidang Kemaritiman dan investasi RI Dr. Ir. Tukul Romeyo Adi MSc, Jumat (23/10/2020) melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) di wilayah Kabupaten Dompu. Kunker ini, dalam rangka mendukung ekonomi kreatif pada masa pandemi di Bumi Nggahi Rawi Pahu.

Kunker Dr. Ir. Tukul Romeyo Adi MSc, ini disambut Sekda Dompu Drs. H. Muhibuddin, M.Si bersama jajaran Pemkab Dompu dan lainnya.

“Berkaitan dengan industri kreatif khususnya untuk industri pengolahan kopi, anak-anak muda kreatif menjajakan usahannya dalam upaya memberikan nilai tambah maupun efek dari sumber daya alam di lingkungan kebupaten Dompu,” ungkap Sekda Dompu Drs. H. Muhibuddin, M.Si, melalui sambutanya.

Sekda menyebut, berdasarkan data perindustrian di Kabupaten Dompu, saat ini sumber daya alam lokal yang dikenal dengan kopi alam tambora, kopi robusta maupun arabika sudah mendapatkan ijin hak paten dari perindustrian.

“Selain industri lokal yang mendapatkan hak paten antara lain susu kuda liar dan juga madu,” jelasnya.

Disela waktu, Dr. Ir. Tukul Romeyo Adi Ms.c, melalui sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemda Dompu. Ia menjelaskan, kehadiran pihaknya di Kabupaten Dompu tidak lepas dari apa yang dicanankan oleh Presiden RI tentang pariwisata dan ekonomi kreatif sebagai ujung tombak ekonomi kedepan.

“Salah satu yang ingin difungsikan (prioritas) di NTB yakni destinasi pariwisata Mandalika. Selain itu,
juga mengangkat semua potensi-potensi kekayaan lokal termaksuk di dalamnya ekonomi berbasis digital,” paparnya.

Diakui Dr. Ir. Tukul Romeyo Adi Ms.c, untuk kali ini pihaknya memang menspesialkan terhadap prodak-prodak yang nantinya bisa dikembangkan (dipromosikan) untuk menambah nilai tambah dalam bentuk sertifikat indikasi Geografis.

“Pariwisata ekonomi kreatif ini sebetulnya hanyalah tools yang nantinya diharapkan ada dua yaitu pada sektor yang berkelanjutan, berkembang dan bertumbuh,” katanya.

Menurut Dr. Ir. Tukul Romeyo Adi Ms.c, masyarakat bukan sebagai
pelengkap namun sebagai aktor pariwisata dan ekonomi kreatif. Oleh karena itu, masyarakat bersama kearifan-kearifan lokal (ekpresi budaya) tradisi dikembangkan dipromosikan lebih luas untuk mendukung program destinasi pariwisata yang super prioritas.

“Kami jug ingin bersilaturahmi untuk mendapatkan peta yang sebenarnya bagaimana perkembangan prodak yang berbasis pada komunal dan kondisi georafis terutama pada daerah Dompu dan Bima,” jelasnya.

Laniut Dr. Ir. Tukul Romeyo Adi Ms.c, semoga pihaknya bisa lebih baik memetakan perkembangan ataupun masalah-masalah yang masih belum mendapat perhatian dari pusat. Pihaknya juga meminta bantuan informasi jika ada masalah-masalah perihal pariwisata dan ekonomi kreatif untuk ditindak lanjuti.

Pantauan TM KOMINFO,
sebelum meninggalkan tempat kegiatan, Sekda Dompu memberikan Plakat kenangan dari Pemkab Dompu kepada Dr. Ir. Tukul Romeyo Adi Ms.c. Setelah itu, Dr. Ir. Tukul Romeyo Adi Ms.c bersama rombongan mengunjungi dan mencicipi produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dari prodak-prodak industri Kabupaten Dompu. (TM KOMINFO)

Related For Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Dukung Produk Lokal Kabupaten Dompu