TARGET STUNTING 0% 2024 WABUP SAMPAIKAN HAL INI

Thursday, September 14th 2023. | BERITA

Dompukab.go.id – Pemerintah Kabupaten Dompu terus memperkuat komitmen percepatan penanggulangan stunting yang melibatkan Pemerintah daerah, Tim Percepatan Penanganan Stunting (TPPS) dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Kegiatan Pelayanan Stunting Terintegrasi kali ini dilaksanakan di Kecamatan Kempo yang sekaligus sebagai Kecamatan Ke -3  dari 8 Kecamatan yang akan diadakan kegiatan serupa, adapun kegiatan  yang berlokasi pada Lapangan Bola Desa Ta’a.

Hadir dalam  kagiatan kali ini, Wakil Bupati Dompu H. Syahrul Parsan  ditemani oleh Ketua TP-PKK Kabupaten Dompu Hj. Lilis Suryani beserta Anggota, Kepala OPD terkait TPPS, Pengurus Organisasi GOW Kab. Dompu, Camat Kempo, Kepala Desa

Seperti 2 kegiatan yang serupa di Kecamatan Kilo Kamis, (6/9/23)dan Pekat Selasa(12/9/23), Setiap OPD, Beserta Organisasi yang Hadir membawa makanan Tambahan berupa Telur dan Bubur Kacang guna disalurkan pada Keluarga Beresiko Stunting

kegiatan diawali dengan sambutan Camat Kempo Budi Rahman, S. Sos. Menyampaikan bahwa kegiatan pencegahan stunting di kecamatan Kempo sudah dimulai dengan kerjasama semua unsur yang ada di kecamatan Kempo. Dengan adanya gerakan bersama atasi stunting ini sangat membantu masyarakat di kecamatan Kempo terutama sasaran keluarga beresiko stunting.

dilanjutkan Sambutan Wakil Bupati Dompu.dalam penyampaiannya, Penyebab utama Stunting adalah Malnutrisi dalam jangka panjang(kronis). kekurangan asupan gizi ini bisa terjadi sejak bayi masih di dalam kandungan karena ibu dan ayah tidak mencukupi kegutuhan nutrisi selama hamil.

“Saya menghimbau kepada seluruh Kepala Desa  serta Perangkatnya dapat memonitoring dengan Objektif Keluarga Miskin Bukan Keluarga tiba-tiba miskin ketika ada kabar bantuan”

Lanjutnya “Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu mempunyai target bagaimana angka stunting kita bisa berkurang lebih banyak lagu dan kalau bisa hingga 0% pada Akhir tahun 2023 ini. dan itu semua saya yakin bisa terwujud apabila kita semua ikut terlibat dalam mengedukasi kepada Anak serta calon Ayah dan Ibu Pentingnya pemenuhan Gizi Anak Semenjak dari dalam kandungan.”

Pejabat Fungsional Nutrisionis Ahli Muda Dinkes Kabupaten Dompu Bapak Aminuddin, S.Gz dalam kesempatannya Menyampaikan data Prevalensi Stunting Bulan Agustus 2023 memiliki Presentasi 10,89% angka ini memiliki penurunan sebesar 1,2% dimana data pada Bulan Februari 2023 Sebesar 12,09%. dan betapa pentingnya memenuhi gizi anak dalam 1000 Hari Kehidupan simulai dari Anak dikandung.

Kegiatan dilanjutkan dengan Pembagian Makanan dengan olahan telur, serta ditutup dengan pembagian bantuan alat musik marawis dari Pengurus GOW yang langsung diberikan langsung oleh Ibu Hj. Lilis Suryani.

langsung dari pantauan Tim Media Kominfo, kegiatan ditutup dengan acara photo bersama dan berlangsung secara aman dan khitmat. (TM. Kominfo)

Share and Enjoy !

Shares

Related For TARGET STUNTING 0% 2024 WABUP SAMPAIKAN HAL INI