Pemkab. Dompu Canangkan Desa Saneo sebagai DESA CANTIK (Desa Cinta Statistik)  tahun 2024.

Wednesday, September 11th 2024. | BERITA


Bertempat di aula Pandopo Bupati Dompu Pemerintah kabupaten Dompu mencanangkan Desa Saneo kecamtan Woja Kabupaten Dompu sebagai Desa CANTIK (Desa Cinta Statistik) tahun 2024 yang di tandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Dompu H. Kader Jaelani, Rabu, 11/09/2024

Kegiatan ini dihadiri oleh Sekda Dompu Gatot Gunawan PP,  Dandim 1614/Dompu diwakili Danramil 01/Dompu, Kapten Kav. M. Kasim, Kapolres Dompu diwakili Kabag Sumda AKP Jaelani, para Pimpinan OPD, para Camat, para Kepala Desa/Lurah Se- kecamatan Woja.

Bupati Dompu, H. Kader Jaelani dalam sambutannya menyampaikan bahwa berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa dan Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 Tentang Satu Data Indonesia, pemerintah Desa menjadi penyelenggara kegiatan statistik di wilayahnya masing-masing sehingga peran Desa sebagai satuan wilayah terkecil menjadi sangat penting. 

“Oleh karena itu, sebagaimana tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) periode 2020-2024, diperlukan penguatan tata kelola pemerintahan desa dalam upaya pengembangan wilayahnya guna mengurangi kesenjangan dan menjamin pemerataan,” jelas Bupati.

Dilanjutkan Bupati, sesuai  amanat Undang – Undang Nomor 16 tahun 1997, BPS sebagai pemegang amanat pembinaan Perstatistikan di Indonesia senantiasa melakukan koordinasi, integrasi, sinkronisasi, dan standarisasi dengan seluruh penyelenggara kegiatan statistik. Salah satu kegiatan yang dicanangkan oleh BPS adalah program Desa CANTIK (Program Desa Cinta Statistik).

“Pencanangan Desa saneo sebagai desa CANTIK ini diharapkan dapat memberikan output yang positif untuk semua pihak, baik dari penyedia data hingga pengguna data. Program desa CANTIK ini diharapkan mampu menciptakan satu data Desa Indonesia di Kabupaten Dompu sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 Tentang Satu Data Indonesia mengenai kebijakan tata kelola data pemerintah untuk menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan,” harapnya.

Memungkasi sambutannya, Bupati Dompu berharap keberhasilan program Desa CANTIK di desa saneo dapat memberikan motivasi pada desa/kelurahan lain untuk menduplikasi program desa CANTIK ini untuk menyediakan data statistik yang berkualitas dalam mendukung desa/kelurahan masing-masing. 

Sedangkan Kepala BPS NTB, Drs.Wahyuddin,  MM menjelaskan setiap desa/kelurahan memiliki sumber data yang dapat di andalkan,  sehingga perencanaan pembangunan dapat dilakukan dengan lebih akurat dan tepat sasaran. .

Kepala BPS juga mengungkapkan pula untuk meningkatkan kualitas pengelolaan data statistik di tingkat desa, agar perencanaan pembangunan desa lebih tepat sasaran dan berdaya guna sehingga kegiatan desa Cantik ini harus didukung penuh oleh semua pihak terutama Pemerintah Daerah.
Pada Kesempatan ini juga dilakukan dengan penandatanganan atau komitmen dari semua camat se-kabupaten Dompu dan dilanjutkan oleh Desa Saneo.
Dengan adanya desa cantik ini diharapkan setiap desa memiliki sumber data yang dapat diandalkan.
Mari kita jadikan pencanangan desa cantik ini sebagai momentum untuk bersinergi dalam membangun desa yang lebih baik, ungkapnya.

Sebelumnya Kepala BPS Kabupaten Dompu, 
Ahwan Hadi,  S.STM. Ak dalam laporannya menyampaikan, pencanangan ini bertujuan untuk menetapkan Desa saneo sebagai Desa Cantik Kabupaten Dompu Tahun 2024 dan juga untuk menjalin koordinasi dengan Pemerintah Daerah. 

“Adapun Pelaksanaan Program Desa Cantik sudah dilakukan pada bulan Mei tahun 2024, yang dimulai dengan pemilihan desa/ kelurahan yang memenuhi kriteria, sehingga terpilihlah satu desa yaitu Desa saneo di Kecamatan Woja sebagai desa cantik, yang bertujuan untuk mewujudkan pembangunan data, dilevel desa dan membina agen statistik di pemerintahan desa yang handal dan membumi,” ujarnya.

Adapun penetapan Desa saneo sebagai Desa Cinta Statistik Kabupaten Dompu Tahun 2024, didasarkan pada :
Pertama, data Industri Mikro dan Kecil (IM K ) menunjukkan Desa saneo berpotensi pada industri Muna Pa’a sehingga perlu diekspos melalui data-data yang disediakan;
Kedua, Keberadaan potensi wisata yang perlu dikembangkan;
Ketiga, Jarak desa saneo dengan pusat Kabupaten Dompu cukup dekat, sehingga memudahkan dalam melakukan koordinasi.
Keempat, Kesediaan aparatur desa dalam penyelenggaraan statistik di tingkat desa cukup tinggi. 

“Di Desa saneo terdapat mitra statistik yang berpengalaman dalam kegiatan statistik di BPS Kabupaten Dompu,” Paparnya pula.

Diharapkannya  seluruh desa/kelurahan lain di Kabupaten Dompu dapat menjadi desa yang cinta statistik sehingga mendapatkan satu data yang tidak hanya bisa diakses di desa tersebut tetapi juga di wilayah lain Salam desa cantik ucapnya bangga, ( TM Kominfo).

Share and Enjoy !

Shares

Related For Pemkab. Dompu Canangkan Desa Saneo sebagai DESA CANTIK (Desa Cinta Statistik)  tahun 2024.