Kementerian Pertanian RI Beri Bimtek Kader Siaga Rabies ( Kasira ), Ini Harapan Bupati Dompu

Wednesday, August 18th 2021. | BERITA


DOMPUKAB.GO.ID – Pada momentum pemberian Bimbingan Teknis (BimTek) kepada Kader Siaga Rabies (KASIRA) Kecamatan Kempo, Kabupaten Dompu oleh Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian RI di aula Kantor Camat Kempo, Rabu (18/8/2021).

Bupati Dompu Kader Jaelani, menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Dirjen atas perhatiannya terhadap Kabupaten Dompu tentang perkembangan Virus Rabies.

Diakuinya, sejak ditandatanganinya surat
keputusan Kader Siaga Rabies (Kasira), maka sejak itu juga masyarakat Kecamatan Kempo diharapkan bisa membantu agar kegiatan tim Kasira bisa sukses. “Kasira harus menjalankan dan melaksanakan tugas ini dengan ikhlas dan penuh rasa tanggung jawab,” ujar Bupati Dompu, saat menghadiri kegiatan Bimtek tersebut.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Dompu, Ir. Zaenal Arifin, M.Si, melalui penyampaian laporannya dalam kegiatan ini mengatakan, alasan dibentuknya Kasira khususnya di Kecamatan Kempo, mengingat maraknya anjing yang mengidap Virus Rabies.

“Inilah alasan kenapa Kasira dibentuk. Mereka adalah tim yang memberantas anjing rabies guna mengantisipasi jatuhnya korban anjing rabies,” ungkapnya.

Ia menyebut, Kasira dibentuk di Kecamatan Kempo karena adalah wilayah yang banyak muncul kasus anjing rabies. “Di kecamatan ini paling banyak korban yang digigit anjing rabies,” bebernya.

Kondisi ini lanjut Ir. Zaenal Arifin, M.Si, membuat masyarakat Kecamatan Kempo terus aktif dalam memberantas anjing Rabies. “Kami berharap tim Kasira ini bisa menjadi contoh bagi daerah lainnya. Terutama dalam hal bersama sama memberikan vaksin rabies kepada anjing yang di pelihara oleh masyarakat,” terangnya.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi NTB, drh.Khairul Akbar, melalui sambutannya menyampaikan bahwa Kasira ini dibentuk untuk tetap bisa mengendalikan keberadaan penyakit rabies dan membebaskan Kabupaten Dompu dari masalah Rabies.

“Kabupaten Dompu akan menjadi contoh bagi daerah lain. Rencananya, akan dilaunching pada bulan September nanti,” jelasnya.

Lanjut Khairul Akbar,
Kabupaten Dompu merupakan Kabupaten percontohan dan apabila kedepannya berhasil akan di teruskan di kabupaten lainnya di Provinsi NTB. “Kami dari pemerintah provinsi NTB mengharapkan dukungan dan bantuan dari masyarakat agar bersama sama menangani masalah Rabies,” terangnya.

Diakui Khairul Akbar, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi NTB, kekurangan personil untuk menangani masalah Rabies. “Inilah alasan kenapa perlu dibentuk Kader Kasira untuk berkerja sama dalam penanganan masalah ini,” paparnya.

Disela waktu, Dirjen Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) drh. Syamsul Ma’arif M.Si, melalui sambutannya juga dalam kegiatan ini menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Pemda Dompu khususnya Bupati Dompu yang telah memberikan wadah untuk kesiapan tim Kasira.

Ia mengungkap, bahwa terkait penyakit Rabies ini umurnya sangat tua sampai dengan saat ini sudah 200 tahun. Inilah alasan, kenapa perlu dibentuk tim Kasira untuk membantu pemberantasan penyakit Rabies. “Kita semua harus mendukung karena hal ini sudah masuk di skala Nasional,” kata drh. Syamsul Ma’arif M.Si.

Ia juga menjelaskan, bahwa pihaknya membangun sistem Kasira dengan tujuan menyelamatkan manusia dari gigitan anjing yang terjangkit virus Rabies. Perlu diketahui juga, bahwa keberadaan tim Kasira
bukan bertujuan untuk membunuh anjing yang ada. “Tim ini justru merawat dan memberikan vaksin kepada anjing yang dipelihara oleh masyarakat,” paparnya lagi.

Lebih jauh drh. Syamsul Ma’arif M.Si, berharap adanya dukungan serius dari Pemda Dompu. “Harapan kami Bupati Dompu memberikan dukungan dan semangat kepada tim Kasira yang dibentuk,” tandasnya.

Pantauan langsung TM KOMINFO, pada kegiatan Bimtek ini juga dihadiri Dirjen Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) drh. Syamsul Ma’arif M.Si,
Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan NTB drh. Khairul Akbar,
Dandim 1614/Dompu Letkol Inf Ali Cahyono, Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat, SH. SIK, Ketua DPRD Dompu Andi Bachtiar A.Md, Par, Kajari Dompu Mei Abeto Harahap SH MH, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Dompu Ir. Zaenal Arifin, M.Si, drh. Yani Bagus Perwakilan Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, Camat Kempo Lukman BA, Danramil 1614-02/ Kempo Kapten Inf M. Yamin, Kapolsek Kempo Iptu Zuharis, Kepala UPTD Peternakan Kempo Abdul Haris, Kepala PKM Kempo Faisal, S.Km, Batituud Koramil 1614-02/Kempo Pelda Irwan dan seluruh Babinsa dan Bhabinkamtibmas serta Kades se-kecamatan Kempo. (TM KOMINFO)

Related For Kementerian Pertanian RI Beri Bimtek Kader Siaga Rabies ( Kasira ), Ini Harapan Bupati Dompu