Bupati dan Wakil Bupati Dompu Hadiri Pencanangan Gebyar Merah Putih dan Peringatan Hari Veteran Nasional

Tuesday, August 10th 2021. | BERITA, TANGGAP COVID-19


DOMPUKAB.GO.ID -Bupati Dompu Kader Jaelani dan Wakil Bupati Dompu H. Syahrul Parsan, ST. MT., Selasa (10/8/2021) menghadiri kegiatan

pencanangan Gebyar Merah Putih dan peringatan Hari Veteran Nasional ke-72 tahun 2021 di Kantor Pemerintahan Kecamatan Kilo.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh
Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Legion Veteran Indonesia dan DPC Pemuda Panca Marga, Kecamatan Kilo, Kabupaten Dompu, ini berlangsung dengan tema Bersama Pemerintah Veteran Seluruh Indonesia Siap Membantu Memberantas COVID-19.

Selain Bupati dan Wakil Bupati Dompu, hadir juga Dandim 1614/Dompu Letkol Inf Ali Cahyono, S.Kom. Tr. (Han), Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat, SH. S.I.K, Pjs Setda Dompu H. Moh. Syai’un, M.Si, Kajari Dompu Mei Abeto, SH., Ketua DPRD Dompu Andi Bachtiar Jufri, A. Md. Par. Anggota Veteran Legion Dompu
Purnawiran AM Nursalam,
Camat Kilo Rudi Purtomo, S.P.
Danramil 1614-04 Kilo Kapten Inf. Muslimin, Kapolsek Kilo Iptu Yuliansyah, Kepala Desa se – Kecamatan Kilo.

Bupati Dompu Kader Jaelani, melalui sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada segenap keluarga besar Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Legion
Veteran Indonesia Kabupaten Dompu dan DPC Pemuda Panca Marga Kabupaten Dompu yang telah menginisiasi kegiatan ini.

“Kami mendorong segenap elemen daerah tanpa kecuali untuk dapat menumbuh kembangkan jiwa semangat dan nilai-nilai perjuangan para pahlawan bangsa yang telah memperjuangkan bangsa Indonesia sehingga mencapai kemerdekaannya,” ucapnya.

Bupati menjelaskan, hal ini
ditetapkan berdasarkan keputusan Presiden Nomor 30 tahun 2014 awal lahir Veteran Nasional sudah lebih dulu disetujui oleh Presiden Soekarno tepatnya pada tanggal 10 Agustus 1949.

“Hal ini dikarenakan adanya gencatan senjata dalam perjanjian Roem Van royen dengan Belanda karenanya perayaan hari veteran Nasional dimaksudkan untuk menghormati jasa serta pengorbanan para veteran Indonesia dan mengenang perjanjian Roem Van royen,” paparnya.

Menurut Bupati, Veteran merupakan gabungan warga negara Indonesia dalam kesatuan bersenjata resmi yang diakui oleh pemerintah yang berperan secara aktif dalam suatu peperangan menghadapi negara lain dan gugur dalam pertempuran untuk membela dan mempertahankan kedaulatan negara kesatuan republik Indonesia.

“Veteran juga bisa berartikan warga negara Indonesia yang ikut secara aktif dalam pasukan internasional dibawah mandat perserikatan bangsa-bangsa untuk melaksanakan ditetapkan sebagai Republik Indonesia misi perdamaian penerima dunia yang tanda kehormatan veteran,” paparnya lagi.

Masih menurut Bupati, lebih dari itu peringatan hari veteran nasional bagi semuanya di Kabupaten Dompu, merupakan momentum yang baik untuk kembali mengingat peta perjalanan dalam merebut kemerdekaan dan mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia.

“Perjuangan itu sangat berat serta penuh dengan pengorbanan baik jiwa raga untuk itu slogan bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya adalah benar dan nyata karena kita yang hidup di era sekarang ini tidak akan dapat menikmati indahnya anugerah kemerdekaan itu seperti sekarang ini,” jelasnya.

Lanjut Bupati, seluruh bangsa Indonesia ini sedang menghadapi musuh yang sama yaitu pandemi COVID-19 yang sangat merubah tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara dengan keterbatasan gerak di ruang dan waktu.

Maka itu, melalui momentum peringatan Veteran nasional ke-72 tahun 2021 dan Kemerdekaan RI yang ke 76 tahun 2021, Bupati mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Dompu untuk menjiwai semangat perjuangan para veteran dalam menghadapi situasi pandemi COVID-19 saat ini.

“Dengan semangat gotong royong perkuat persatuan dan kesatuan, bekerja keras, berinovasi sesuai dengan kemampuan masing-masing. Lebih penting lagi adalah saling melindungi antara satu sama lain, minimal dengan mematuhi protokol COVID-19,” terangnya.

Bupati menyebut, gerakan gebyar merah putih yang dicanangkan hari ini merupakan bagian dari semangat juang dari semangat juang yang terpelihara oleh seluruh rakyat Indonesia. “Mari kita pasang bendera Merah Putih di rumah masing-masing secara serentak untuk menyemarakkan peringatan Hari Kemerdekaan RI yang ke-76,” ajaknya.

Bupati juga, memerintahkan kepada semua Camat, Lurah, Kepala Desa, Pimpinan OPD dan
lembaga lingkup pemerintah Kabupaten Dompu serta lembaga vertikal untuk dapat melaksanakan gebyar merah putih tahun 2021 dengan baik.
“Saya juga mengajak semua elemen masyarakat di wilayahnya masing-masing untuk memasang bendera merah putih selama 1 bulan dalam bulan Agustus ini,” tuturnya.

Sambung Bupati, ia juga berharap kepada seluruh jajaran termasuk masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan mengurangi mobilitas. “Ini demi kebaikan dan keselamatan diri kita semua agar terhindar dari penyebaran COVID-19,” tandasnya.

Ketua Panca Marga, Sunandar, SE, melalui penyampaian laporannya dalam acara ini menyampaikan bahwa tekad pihaknya sebagai veteran siap membantu memberantas COVID-19 yang ada di wilayah Kabupaten Dompu. Ia juga mengajak, untuk membantu Pemerintah Kabupaten Dompu memberantas COVID-19. “Semoga COVID-19 yang ada di wilayah Kabupaten Dompu segera hilang,” ujarnya.

Disela waktu, Veteran Legion Purnawiran AM Nursalam, menyampaikan semangat juang tahun 1945 harus ditanamkan dalam diri masing masing sebagai momentum untuk memperingati hari ulang tahun Republik Indonesia yang ke 76 dan Peringatan Hari Veteran Nasional ke-72 tahun 2021.

“Untuk mengenang kembali arwah jasa para pahlawan mari kita sama sama mempertahankan kedaulatan negara kesatuan republik Indonesia ini dengan memasang bendera putih,” Ajaknya. (TM KOMINFO)

Related For Bupati dan Wakil Bupati Dompu Hadiri Pencanangan Gebyar Merah Putih dan Peringatan Hari Veteran Nasional