Pemkab. Dompu Gelar Peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2024 Dirangkaikan dengan Pekan Imunisasi Nasional.

Saturday, July 27th 2024. | BERITA


Bertempat di Desa Tanju Kecamata Manggelewa Kabupaten Dompu, Pemerintah Kabupaten Dompu menggelar Peringan Hari anak nasional yang dirangkaikan dengan Pekan Imunisasi Nasional, Sabtu, 27/07/2024.

Hadir Pimpinan dan Anggota DPRD, Forkopimda, Sekretaris Daerah, Staf Ahli, Asisten dan Kabag. Lingkup Setda Dompu, Pimpinan Perangkat Daerah, Pejabat Struktural dan Fungsional Lingkup Pemkab. Dompu.
Hadir juga Kakankemenag kab. Dompu, UPTD Dikpora Provinsi NTB Cabang Dompu, Muspika, TP. Pkk, GOW, DWP, Insan Pers dan elemen penting lainnya.

Bupati Dompu yang di wakili Plh. Sekda/Asisten Administrasi Umum (Asisten 3) Ir. Ruslan dalam sambutannya menyampaikan bahwa atas nama Pemerintah Daerah menyampaikan penghargaan dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas di selenggarakannya Peringatan Hari Anak Nasional yang dirayakan sebagai momentum penting untuk mengkampanyekan pemenuhan hak anak atas hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

Anak merupakan potensi besar sekaligus penerus cita-cita perjuangan bangsa yang memiliki peran strategis dalam pembangunan.
Sebagai individu yang belum mampu melakukan tindakan-tindakan untuk memenuhi dan melindungi haknya, anak memerlukan perlindungan dalam rangka menjamin pertumbuhan dan perkembangan fisik, mental dan sosialnya secara utuh. Dengan demikian, semakin baik kualitas perlindungan anak saat ini, maka akan semakin baik pula kehidupan masa depan bangsa indonesia.

Lanjut Plh. Sekda/Asisten 3 berdasarkan laporan Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2023, anak-anak indonesia yang berjumlah 79,4 juta jiwa atau 28,82% dari total penduduk saat ini memegang peranan strategis ketika 100 tahun indonesia merdeka di tahun 2045. Mereka adalah calon pemimpin bangsa ke depan yang diharapkan menjadi generasi emas yang cerdas, sehat, unggul, berkarakter dan dalam suka cita yang bersendikan kepada nilai-nilai moral yang kuat.

Pemerintah kabupaten Dompu berkomitmen memenuhi hak anak sebagai amanat konsitusi dan komitmen itu diperkuat dengan melibatkan peran dan partisipasi anak pada proses pembangunan maupun pengambilan kebijakan.
Peningkatan partisipasi dan peran anak melalui wadah yang tepat seperti forum anak daerah kab.Dompu, komunitas dan organisasi peduli/pemerhati anak, ungkap Asisten 3.

Lebih lanjut Asisten Administrasi Umum/Asisten 3 Ir. Ruslan Agenda kegiatan peringatan hari anak nasional tingkat kabupaten dompu tahun 2024 dirangkaikan dengan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) polio di daerah dampingan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak kabupaten Dompu pekan imunisasi polio merupakan kegiatan serentak yang dicanangkan pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan sebagai langkah untuk mencegah Kejadian Luar Biasa (KIB), khususnya penyakit polio yang dapat menyebabkan kelumpuhan dan kecacatan pada anak. (TM Kominfo).

Share and Enjoy !

Shares

Related For Pemkab. Dompu Gelar Peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2024 Dirangkaikan dengan Pekan Imunisasi Nasional.