Pemkab. Dompu Gelar Sosialisasi KKS Tingkat Kab. Dompu

Thursday, November 30th 2023. | BERITA
emkab.-Dompu-Gelar-Sosialisasi-KKS-Tingkat-Kab.-Dompu

Sosialisasi Kabupaten / Kota Sehat Tinggat Kabupaten Dompu

Dompukab.go.id – Pembangunan kesehatan di laksanakan dengan tujuan meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan yang setinggi – tingginya, peran lingkungan cukup besar dalam menentukan sehat sakitnya seseorang di samping beberapa faktor lain, demikian antara lain di sampaikan Kepala Bappeda dan Litbang Kabupaten Dompu Drs. H. Gaziamansyuri, M. Ap ketika memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi Sosialisasi Kabupaten/Kota Sehat (KKS) Tingkat Kabupaten Dompu, bertempat di Gedung PKK Kabupaten Dompu Rabu, 29/11/2023.

Lanjut Kaban Bappeda tujuan penyelenggaraan KKS tercapainya kondisi Kabupaten/Kota untuk hidup dengan bersih, nyaman, aman, dan sehat untuk di huni dan sebagai tempat bekerja bagi warganya dengan cara terlaksananya berbagai program-program kesehatan dan sektor lain, sehingga dapat meningkatkan sarana dan produktifitas dan perekonomian masyarakat.

Adapun sebagai Narasumber pada kegiatan sosialisasi tersebut adalah H. Gaziamansyuri Kaban Bappeda dan Litbang dan Maman, SKM..M.MKes Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kab. Dompu yang pada pokoknya menyampaikan Kabupaten/kota yang akan mengusulkan dokumen untuk mengikuti verifikasi KKS tingkat nasional tahun 2023 agar memenuhi prasyarat Stop Buang Air Sembarangan (ODP) yaitu : Minimal 80℅ desa/kelurahan bebas ODP (buang air besar sembarangan) bagi daerah yang ingin mengusulkan penghargaan Swasti Saba Padapa, Minimal 90℅ desa/kelurahan bebas ODP (buang air besar sembarangan), bagi daerah yang ingin mengusulkan penghargaan Swasti Saba Wiwerda dan 100% desa/kelurahan bebas ODP (buang air besar sembarangan) bagi daerah yang ingin mengusulkan penghargaan Swasti Saba Wistara.

Kegiatan penyelenggaraa Kabupaten/Kota Sehat (KKS) merupakan program unggulan yang menjadi agenda dua tahunan Kementerian Kesehatan. Untuk mengakomodasi dan mengkoordinasikan berbagai program di tingkat kabupaten yang di dukung oleh peran serta aktif masyarakat untuk menyalurkan wadah bagi masyarakat untuk menyalurkan arah prioritas perencanaan pembangunan wilayah yang bersih, nyaman, aman dan sehat.

Kegiatan pelaksanaan Kabupaten/Kota Sehat perlu adanya tim pembina maupun Forum Kabupaten/Kota Sehat baik di tingkat kabupaten kecamatan dan desa. Adapun 9 tatanan yang di nilai sebagai berikut : Kehidupan masyarakat sehat mandiri, Pemukiman dan rumah ibadah, Satuan Pendidikan, Pasar, Perkantoran dan Perindustrian, Pariwisata, Transportasi dan tertib lalu lintas jalan, Perlindungan Sosial dan Pencegahan dan dan penanganan bencana.

Dalam penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat yang. Menjadi bagian yang terpenting adalah harus didukung dengan rata-rata kuantitatif dan kualitatif.

Hadir pada kegiatan tersebut Kepala Bappeda dan Litbang, Kepala Dinas Kesehatan, Unsur dari OPD, Camat dan NGO. (TM Kominfo).

Share and Enjoy !

Shares
tags: , , , , , , , , , , ,

Related For Pemkab. Dompu Gelar Sosialisasi KKS Tingkat Kab. Dompu