Bupati Pimpin Apel Koordinasi, ASN Garda Terdepan Pelayan Masyarakat

Tuesday, September 19th 2023. | BERITA

Bupati Dompu H. Kader Jaelani Pimpin Apel Koordinasi, ASN Garda Terdepan Pelayan Masyarakat

Dompukab.go.id – Apel koordinasi selain menjadi ajang untuk saling bersilaturahim, juga menjadi momentum untuk saling mengkoordinasikan berbagai program dan kegiatan pembangunan yang sudah, sedang dan akan dilaksanakan oleh pemerintah daerah melalui organisasi perangkat daerah demikian antara lain di sampaikan Bupati Dompu H. Kader Jaelani ketika bertindak selalu inspektur upacara dan memberikan sambutan pada apel koordinasi pemerintah kabupaten Dompu bulan september tahun 2023 bertempat di lapangan beringin Pendopo Bupati Dompu senin, 18/09/2023.
Membangun komunikasi, saling berbagi informasi, meningkatkan semangat baru untuk bekerja dengan ikhlas dan sungguh-sungguh demi kemajuan dan perubahan bagi daerah bumi nggahi rawi pahu yang kita cinta dan kita banggakan untuk mewujudkan kabupaten Dompu yang lebih baik kedepannya.

Lanjut Bupati peningkatan kapasitas aparatur sipil negara masih menjadi isu penting yang selalu dibahas dalam setiap kesempatan dan setiap waktu, karena ASN akan menjadi contoh bagi publik dan garda terdepan dalam pelayanan kepada masyarakat.
Seorang ASN hendaknya bangga menjadi abdi negara pelayan masyarakat karena tidak semua orang dapat menyandang predikat tersebut, cerminan rasa bangga melayani bangsa harus bisa dibuktikan dengan kerja nyata, kerja keras dan patuh melaksanakan amanat peraturan perundang-undangan yang telah ditetapkan, papar Bupati

Lebih lanjut Bupati melaksanakan tugas kedinasan dengan penuh pengabdian, kejujuran dan tanggung jawab, menunjukkan integritas dan keteladanan dalam sikap dan prilaku, ucapan dan tindakan kepada setiap orang baik didalam maupun diluar kedinasan, disiplin masuk kerja dan mentaati ketentuan jam kerja agar core values ASN berahlak (beriorentasi pelayanan, akuntabel, kompeten harmonis, loyal, adaptif dan kolaboratif bisa terwujud seutuhnya, serta mampu memahami dengan baik manajemen kinerja, proses bisnis dan sasaran penilaian kinerja sebagai suatu sistem.

Memasuki akhir triwulan III pelaksanaan APBD tahun 2023. Sampai dengan minggu ketiga bulan september penyerapan anggaran kita masih belum maksimal, untuk itu saya perintahkan kepada pimpinan perangkat daerah agar mempercepat pelaksanaan program kegiatan yang telah di rencanakan dan dianggarkan
Terutama pekerjaan yang dihajatkan untuk kepentingan umum.
Kabupaten Dompu juga telah menetapkan rencana kerja pemerintah daerah tahun 2024 yang menjadi pedoman dalam penyusunan kebijakan umum anggaran serta prioritas dan plafon anggaran sementara tahun 2024 dan APBD tahun 2024.

Terkait ketersediaan barang penting di pasaran, terdapat keterbatasan alokasi LPG subsidi dari pemerintah. Hal tersebut, menjadi tantangan bagi penyediaan LPG subsidi untuk rumah tangga, usaha mikro, nelayan sasaran dan petani sasaran, sebagai barang yang beredar dalam pengawasan, maka baik kondisi kurang atau lebihnya alokasi, harga jual ke masyarakat harus sesuai harga eceran tertinggi yang telah ditetapkan pemerintah, Jelas Bupati

Menghadapi adanya perilaku sub penyalur (pangkalan) yang menjual di atas harga eceran tertinggi, yang mendistribusikan LPG bersubsidi ke luar wilayah pelayanannya, dan yang memberikan akses kepada para pengecer, saya instruksikan kepada dinas Perindag dan penyalur/agen LPG bersubsidi untuk memberikan sanksi kepada pangkalan yang tidak sesuai harga dan distribusi sesuai ketentuan;
Memberikan sanksi kepada penyalur/agen yang tidak melakukan pembinaan kepada pangkalan yang melanggar ketentuan;
Menata distribusi pangkalan hingga ke pelosok, dengan memperhatikan kerapatan pangkalan dan populasi penduduk;
Memastikan masyarakat yang berhak mengakses LPG bersubsidi, agar membeli di pangkalan resmi dengan membawa KTP untuk membatasi akses pengecer ke pangkalan atau sebaliknya;

Pelaksanaan program dan kegiatan pada bidang Perindustrian dan Perdagangan, sesuai nawacita Dompu mashur lewat program Jarapasaka, salah satunya menumbuhkan 1000 wirausaha baru.
Saat ini target 1000 wirausaha baru tersebut telah terlampaui dan yang tercatat dalam aplikasi oss sudah mencapai 1.730 wirausaha baru termasuk wirausaha rokok kretek.
hari ini juga merupakan hari yang akan dicatat dalam sejarah kabupaten Dompu dimana kita telah selangkah lebih maju dalam dunia industri pengolahan hasil tembakau, dengan memiliki rumah produksi rokok kretek yang legal dengan kandungan tembakau lokal yang ditanam sendiri oleh masyarakat yang ada di kabupaten Dompu khususnya masyarakat di Desa Woko. dengan demikian saat ini kita sudah bisa memproduksi rokok kretek sendiri dengan merek “wk” atau “woko kretek”.
Diharapkan dengan beroperasinya rumah produksi rokok ini akan meningkatkan pendapatan masyarakat yang terlibat, sehingga akan mampu secara ekonomi untuk keluar dari kemiskinan, dan hajat mengembangkan potensi desa untuk mewujudkan pasaka desa akan tergambar di desa woko.

Saat ini terdapat 14 retail modern di kabupaten Dompu yang diharapkan mendukung pengembangan produk lokal melalui pemberdayaan UMKM . Dalam penandatanganan nota kesepakatan tersebut hadir para pengusaha retail dari kecamatan Dompu, Woja dan Manggelewa.
Adapun ke 14 retail modern yang ikut menandatangani mou tersebut adalah hammet market, bolly departement store, holly mart, s-mart, king mart, indra mart, daffa mart, golden mart, montana mart, best mart, alif mart, suks mart, dan inna mart.
Penandatanganan mou dihajatkan pada hal-hal sebagai berikut:
Meningkatkan produktivitas wirausahawan dalam pengembangan produk lokal daerah melalui pemberdayaan umkm;
Meningkatkan nilai jual dan daya saing produk lokal daerah;
Meningkatkan hubungan kemitraan antara pemerintah daerah dengan pelaku usaha dalam rangka mendukung pengembangan umkm;
Meningkatkan partisipasi pengusaha dan masyarakat dalam pengembangan produk lokal daerah; dan memfasilitasi umkm dalam pengembangan produk lokal daerah;

Hadirnya aplikasi srikandi (sistem informasi kearsipan dinamis terintegrasi) merupakan aplikasi umum bidang kearsipan yang dapat mendukung pengelolaan arsip dan tata kelola pemerintahan berbasis elektronik, berdasarkan pada peraturan presiden nomor 95 tahun 2018 tentang sistem pemerintahan berbasis elektronik (spbe).
Aplikasi ini juga bisa menghemat anggaran belanja yang ada dimasing-masing perangkat daerah. Terutama dalam pengadaan kertas sebagai bagian dari penggunaan alat tulis kantor. Sementara itu, kelebihan lainnya dari penggunaan aplikasi srikandi ini, alur pengelolaan arsip dinamis yang ada di seluruh perangkat daerah, akan lebih terstruktur secara benar, jelas dan tepat melalui sistem yang terintegrasi berbasis teknologi informasi dan komunikasi.

Meningkatnya kasus kenakalan remaja beberapa hari yang lalu, cukup menyita perhatian bersama. Pada momen apel koordinasi kembali saya ingatkan kepada kita semua surat edaran nomor : 300/09/dpppa/se/2023 tentang “pemberlakuan jam malam bagi anak di kabupaten Dompu”, dengan melakukan patroli rutin agar lebih massive lagi penerepannya.
pemberlakuan jam malam ini dilakukan pemerintah bertujuan menekan angka kriminalitas yang dilakukan oleh anak, demi menyelamatkan anak dan generasi kita dari degradasi ahklaq, demi masa depan daerah dan negara kita.

Memasuki tahun-tahun politik baik pilkades serentak di 33 desa tahun ini, begitu juga pileg, pilpres dan pilkada tahun depan kewajiban kita bersama untuk menjaga kondussivitas daerah dengan cara memberika edukasi kepada masyarakat, Pilihan boleh berbeda tapi kerukunan dan persatuan kita wajib diutamakan, hindari politik uang dan jangan mudah terprovokasi ujaran kebencian dan isu sara yang dapat menganggu kerukunan serta jalinan kerjasama dan silaturahmi antar sesama karena kita semua bersaudara.

Hadir Wakil Bupati Dompu, sekretaris daerah, staf ahli Bupati, asisten, pimpinan opd, camat dan kabag lingkup pemerintah kabupaten Dompu, pejabat struktural dan fungsional, para staf aparatur sipil negara, tenaga kontrak daerah
(TM Kominfo).

Share and Enjoy !

Shares
tags: , ,

Related For Bupati Pimpin Apel Koordinasi, ASN Garda Terdepan Pelayan Masyarakat