Satu Orang Pasien Positif Covid-19 Dompu Meninggal Dunia

Tuesday, August 4th 2020. | BERITA, TANGGAP COVID-19

Gambar ilustrasi pasien covid-19 meninggal dunia (sumber:liputan6)

DOMPUKAB.GO.ID – Kabupaten Dompu kembali dirundung duka, satu orang pasien positif Covid-19 berinisial HM (laki laki 62 thn) seorang petani warga Dusun Transad II Desa Doromelo Kecamatan Manggelewa Kabupaten Dompu, meninggal dunia.

Sekertaris Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Dompu Jufri ST, M.Si, membenarkan bahwa satu orang pasien positif Covid-19 (HM) meninggal dunia.

“HM dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil Lab RSUD Dompu sekitar pukul 17.00 Wita,” ungkap, Jufri ST, M.Si yang juga kepala BPBD Dompu, saat dikonfirmasi, ketika dirinya bersama Kapolres Dompu dan lainnya berada di RSUD Dompu, Selasa (4/8/2020).

Jufri ST, M.Si menceritakan, pada hari Senin tanggal 3 Agustus 2020, sekitar pukul 07.00 Wita, pasien tersebut awalnya diantar keluarganya datang di IGD RSUD Dompu dengan keluhan panas tinggi, serta sesak nafas.

Tim medis RSUD Dompu, langsung melalukan tindakan dengan melakukan Rapid Test dan hasilnya reaktif. “Selanjutnya dilakukan ronsen dan Swab Test pada pukul 17.00 Wita, berdasarkan hasil uji Laboratorium Covid RSUD Dompu, pasien tersebut dinyatakan positif Covid -19,” jelasnya.

Pasien ini lanjut Jufri ST, M.Si, meninggal dunia di RSUD Dompu setelah sebelumnya dirawat dan diisolasi di ruangan khusus Covid di RSUD Dompu. “Pasien yang meninggal ini juga memiliki riwayat penyakit bawaan seperti hipertensi dan lain-lain,” terangnya.

Ditambahkan Jufri ST, M.Si, rencananya jenajah pasien positif Covid-19 tersebut, akan di makamkan hari ini. Namun saat ini, para pihak masih kordinasi dengan pihak keluarganya. “Rencananya pasien ini akan dimakamkan di lokasi TPU di Kel Dorotangga Kecamatan Dompu,” katanya.

Dengan meninggalnya satu orang pasien positif Covid-19 ini sambung Jufri ST, M.Si, menambah daftar jumlah pasien positif Covid-19 Kabupaten Dompu yang meninggal dunia sebanyak 2 orang pasien.

Sementara, untuk jumlah pasien positif Covid-19 itu sebanyak 8 orang pasien yang sampai saat ini masih di Karantina di Gedung Wisma Terpijar (Gedung Sanggilo) Desa Matua Kecamatan Woja Kabupaten Dompu.

Berdasarkan data kewaspadaa Covid-19 Kabupaten Dompu yang dirilis tim gugus tugas Covid-19 Dompu tanggal 2 Agustus 2020 m menyebut, data jumlah orang yang diperiksa sebanyak 5.451, Pelaku Perjalanan Tanpa Gejala (PPTG) 3.971. (12 masih isolasi dan 3.959 selesai isolasi), Orang Tanpa Gejala (OTG) 1.286 (selesai pemantauan 1.256 dan 30 dalam pemantauan).

Sedangkan, jumlah Orang Dalam Pengawasan (ODP) sebanyak 127 orang (127 selesai dalam pemantauan dan 0 orang dalam pemantauan). Jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 61 orang (8 orang pasien masih dalam pengawasan, 52 orang pasien selesai pengawasan dan 1 orang pasien meninggal).

“Penyebaran Virus Corona (Covid-19) terus diantisipasi oleh Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Dompu. Bahkan sampai saat ini, berbagai langkah penangananpun terus dilakukan demi menjaga agar masyarakat dan daerah Kabupaten Dompu terhindar dari Covid-19,” papar Jufri ST, M.Si. (TM KOMINFO)

tags: , ,

Related For Satu Orang Pasien Positif Covid-19 Dompu Meninggal Dunia