Rakor Desiminasi dan Publikasi Data Stunting

Tuesday, September 19th 2023. | BERITA

Rapat Koordinasi Program Gizi Bidang Kesehatan Masyarakat (Kemas) dalam rangka Desiminasi dan Publikasi Data Stunting Hasil Pengukuhan Agustus Tahun 2023

Dompukab.go.id – bertempat di aula pertemuan laberka pemerintah kabupaten Dompu melalui Dinas Kesehatan menyelenggarakan Rapat Koordinasi Program Gizi bidang kesehatan masyarakat (KESMAS) dalam rangka Desiminasi dan Publikasi data stunting hasil pengukuran Agustus tahun 2023. Hadir pada kegiatan ini wakil Bupati Dompu H. Syahrul Parsan, ST. MT., Sekretaris Daerah, kepala OPD terkait, Direktur RSUD, Direktur RS Pratama Manggelewa, TP. PKK, GOW, DWP kabupaten Dompu, Camat, lurah dan kades lokus stunting.

Melalui laporannya penanggung jawab program kepala bidang kesehatan masyarakat Dinas Kesehatan ibu Anike Kusumawati, S. SIT. M. Kes. menyampaikan bahwa tujuan pengukuran dan publikasi Stunting untuk mengetahui status gizi anak sesuai umur, mengukur prevalensi stunting, menjadi penyedia data sekunder bagi tim audit dalam pelaksanaan identifikasi faktor risiko yang telah ditetapkan dalam pedoman pelaksanaan audit kasus stunting sesuai dengan amanat Rencana Aksi Nasional Percepatan Penurunan Angka Stunting Indonesia (RAN PASTI).

Wakil Bupati Dompu H. Syahrul Parsan, ST. MT., menyampaikan sambutan dan arahan bahwa pertemuan ini dilaksanakan untuk mengetahui prevalensi stunting tahun 2023 di kabupaten Dompu. Tahun 2024 pemerintah pusat menargetkan penurunan stunting sampai dengan 14 persen, tetapi sampai bulan Agustus 2023 pemerintah kabupaten Dompu sudah mampu turun menjadi 10,18 persen.
Melalui pelayanan stunting terintegrasi diharapkan semua bekerjasama untuk pencegahan dan penurunan stunting. Kebijakan dan regulasi terkait stunting sudah jelas sampai ke tingkat Desa. Untuk itu alokasi anggaran terkait stunting harus betul-betul diperhatikan dalam mewujudkan Dompu zero stunting. Untuk menyajikan informasi kepada masyarakat tentang stunting, hendaknya publikasi data stunting harus mampu menampilkan data yang akurat.

Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Dompu Maman, SKM. M. Kes., pada kesempatan ini memaparkan materi tentang hasil evaluasi data stunting bulan Agustus 2023. Secara rinci disampaikan tentang prevalensi stunting dan intervensi pada masing-masing wilayah kecamatan dan desa se kabupaten Dompu. Dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh kepala Bappeda dan Litbang H. Gaziamansyuri, M. Ap., bahwa seluruh Organisasi Perangkat Daerah hendaknya melihat kembali tugas dan fungsi masing-masing yang tertuang pada Surat Keputusan pengangkatan Tim Percepatan Penanggulang Stunting. Perencanaan dan penanggulangan stunting terintegrasi perlu ditingkatkan karena upaya penurunan stunting merupakan tugas dan tanggung jawab bersama.
Kegiatan Rapat Koordinasi dilanjutkan dengan diskusi berlangsung tertib dan lancar.
(TM KOMINFO)

Share and Enjoy !

Shares

Related For Rakor Desiminasi dan Publikasi Data Stunting