Peringati Hardiknas 2021, Pemda Dompu Laksanakan Webinar Temu Inovasi Pendidikan

Monday, May 24th 2021. | BERITA

Pemda Dompu melaksanakan Webinar Temu Inovasi Pendidikan Dompu secara webinar melalui aplikasi zoom meeting. Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2021 Senin (24/5/2021)

DOMPUKAB.GO.ID – Pemda Dompu, Senin (24/5/2021) melaksanakan Webinar Temu Inovasi Pendidikan Dompu secara webinar melalui aplikasi zoom meeting. Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2021.

Kegiatan yang berlangsung dengan tema Berbagi Inspirasi Pembelajaran untuk Mewujudkan Merdeka (Belajar Menuju Dompu Mashur) di ruang rapat Bupati (kantor Pemda) Dompu bekerjasama dengan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Dompu, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dinas Dikpora) Dompu dan Inovasi Provinsi NTB ini, dibuka Bupati Dompu Kader Jaelani. Hadir juga, Wakil Bupati Dompu H Syahrul Parsan, ST. MT. (dalam Vidcon), Asisten III Setda Dompu, Plt Kepala Dinas Dikpora Dompu Drs. H. Rifaid, M.Pd., para pengurus PGRI Dompu, para Kepala Sekolah, Guru dan undangan lainnya.

Menariknya, dalam kegiatan ini pun juga dimoderatori Muhammad Khaidir, S.Pd, M.Pd, menghadirkan empat narasumber, salah satunya Arnaini, S.Pd. (Pengawas TK/SD UPTD Dikpora Kecamatan Hu’u) dengan materi Peran Strategis Pengawas Dalam Mewujudkan Sekolah Literasi Berkarakter. Kedua, Amiruddin, S.Pd.SD (Guru SDN 7 Kempo) menyampaikan materi Inovasi Media Pembelajaran Berbasis Lokal. Ketiga, Haryono, S.Pd (Kepala SDN 29 Woja) dengan materi Strategi Implementasi KKG Mandiri dan Ke empat, Asmah Ramadhan, S.Pd (Guru SDN 7 Pajo) dengan materi Pemanfaatan Sumberdaya Lokal Sebagai Media Literasi/Rumerasi.

Bupati Dompu Kader Jaelani, melalui sambutanya menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada Inovasi Provinsi NTB atas semua dukungannya pada beberapa program. Ia menyebut, upaya pemerintah Kabupaten Dompu dalam menjadikan Dompu sebagai Kabupaten yang maju dibidang literasi dan numerasi yang sejalan dengan visi misi Pemerintah mulai Tahun 2007 sampai dengan tahun 2020.

“Inovasi telah memfasilitasi Pemerintah Kabupaten Dompu khususnya dalam meningkatkan kualitas mutu pendidikan bersama Bappeda dan Litbang serta dinas Dikpora untuk melakukan sebuah proses partisipatif yang melibatkan stakeholder pemerintah lain memetakan akar masalah literasi dan pendidikan inklusi di Kabupaten Dompu,” ucapnya.

Selain itu lanjut Bupati, menggali serta merancang solusi lokal yang relevan dan proses ini dipandang sangat bermanfaat untuk membantu proses perencanaan yang berbasis masalah rancangan solusi yang sudah dikembangkan akan diimplementasikan dengan kolaborasi juga dengan inovasi dan lembaga pendidikan dan tenaga kependidikan di NTB.

“Pemerintah Kabupaten Dompu berkomitmen dan siap bermitra dengan program inovasi dalam meningkatkan kualitas pendidikan terutama dalam membangun kecakapan dasar yaitu literasi numerasi dan karakter,” terangnya.

Bupati berharap, semua dapat terus mengembangkan diri melatih kreativitas dan inovasi maupun kelompok sehingga anak-anak yang nantinya dapat mengikuti jejak yang telah dilakukan kerjasama komunikasi dan koordinasi menjadi salah satu kunci baik ketika berada di lingkungan sekolah maupun ketika berada di luar lingkungan sekolah.

Menurutnya, setiap orang adalah guru dan setiap rumah adalah sekolah, maka teruslah berinovasi perluas wawasan dan kreativitas dengan membaca.”Kita tidak perlu berkeliling dunia untuk mengetahui segalanya namun dengan membaca maka dunia sudah ada dalam genggaman kita,” jelasnya.

Tambah Bupati, terhadap kualitas pendidikan di Kabupaten Dompu akan semakin baik yang pada akhirnya akan mampu menciptakan sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing. “Mudah-mudahan apa yang kita lakukan hari ini bisa mendapatkan rahmat dan keberkahan dari Allah SWT,” Harapnya. (TM KOMINFO)

Related For Peringati Hardiknas 2021, Pemda Dompu Laksanakan Webinar Temu Inovasi Pendidikan