Pemkab Dompu Raih Pelayanan Publik Baik diberikan Apresiasi oleh Ombusman RI

Thursday, November 28th 2024. | BERITA


Ombusman RI, menyampaikan hasil penilaian kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik tahun 2024 terhadap pemerintah daerah,
Dalam penilaian itu, Pemerintah Daerah kabupaten Dompu merupakan salah satu di antara pemerintah daerah yang masuk zona hijau atau memperoleh opini kualitas tinggi.
Ombusman RI mengapresiasi terhadap capaian pelayanan publik pemerintah Kabupaten Dompu, dibawah kepemimpinan AKJ-SYAH, karena memperoleh nilai hasil baik dan berada di Zona Hijau dengan nilai 84,34 Katagori B (kualitas tinggi), adapun 6 OPD yang menjadi penilaian yaitu, 1.Puskesmas Dompu Timur dengan nilai (97, 51), 2 Dukcapil dengan nilai (97, 11), 3.Puskesmas Dompu Barat dengan nilai (96, 42), 4. Dinas Sosial dengan nilai (87, 69), 5. DPM PTSP dengan nilai (81, 32) dan Dinas Dikpora dengan nilai (45, 79).

Sesuai dengan pedoman penyusunan survey kepuasan masyarakat unit penyelenggara pelayanan publik yang memuat sembilan unsyr pelayanan yang harus diukur, seperti pelayanan persyaratan, sistem mekanisme, waktu penyelesaian, biaya atau tarif, priduk spesifikasi jenis produk, kompetensi pelaksana, perilaku pelaksana, penanganan pengaduan, dan sarana dan prasarana.

Demikian penilaian yang disampaikan oleh Ketua Ombusman Republik Indonesia, Mokhammad Najib dalam rilisannya dengan nomor : R/3235/PC.02/XI/2024 Tanggal O6 November 2024 Perihal Hasil Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2024.

Dikatakan Ketua Ombusman RI ini, dalam rilisan yang diterima Pemerintah Kabupaten Dompu, penilaian yang diberikan dalam rangka pelaksanaan peraturan Presiden Nomor : 18 Tahun 2020 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2020-2024.

“Berdasarkan Perpres itulah sehingga Ombusman RI melakukan penilaian,” kata Ketua Ombusman RI, Mokhammad Najib.

Karena itu Ombusman RI, memberikan apresiasi dan penghargaan kepada pimpinan dan pegawai pada unit pelayanan publik yang memperoleh nilai antara 78,00-100. Dan salah satu bentuk aperesiasi lanjutnya, dapat diberikan prioritas anggaran peningkatan pelayanan publik agar dapat dilakukan secara berkesenambungan.

Selain itu kata Ketua Ombusman RI, Mokhammad, yakni dengan melakukan pembinaan kepada pimpinan dan pegawai pada unit pelayan publik yang memperoleh nilai antara 0-77,99 dan berkoordinasi dengan Perwakilan Ombusman Republik Indonesia.

Sementara itu Bupati Dompu, H. Kader Jaelani melalui Sekda Dompu, Gatot Gunawan PP, SKM, M. Mkes Selasa (26/11) juga menyampaikan rasa syukur dan apresiasinya atas kemajuan dan diraihnya pelayanan publik baik dan bernilai tinggi dari Ombusman RI.

Dan penilaian yang sama juga diberikan Ombusman RI sebelumnya dengan nilai Katagori Kuning dan alhamdulillah tambah Sekda, penilaian di tahun 2024 ini Pelayanan Publik Pemerintah Kabupaten Dompu mendapat penilaian dengan Katagori Hijau.

“Dan ini membanggakan kita semua masyarakat Dompu.” ujarnya sembari berharap agar pelayanan publik di Kabupaten Dompu dari waktu ke waktu akan semakin meningkat. Dan ini akan bisa tercapai jika adanya sinergiditas serta kerjasama dari semua pihak terutama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah kabupaten Dompu.
Kendati hasil penilaian pelayanan publik di kabupaten Dompu ini sudah baik, tapi ada beberapa catatan agar bisa di tingkatkan, sehingga ke depannya bisa memperoleh kategori sangat baik atau A”. (TM Kominfo).

Share and Enjoy !

Shares

Related For Pemkab Dompu Raih Pelayanan Publik Baik diberikan Apresiasi oleh Ombusman RI