Pemda Dompu Apresiasi Indosat Ooredoo Hadirkan Solusi Smart City, Hybrid Cloud dan Big Data

Friday, July 17th 2020. | BERITA, TANGGAP COVID-19

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Dompu Ir. Fakhrudin A. Wahab mengikuti CONNEX webinar Series dari Indosat Ooredoo Business dalam rangka pengenalan solusi Smart City, Hybird Cloud dan Big Data di Ruang kerjanya. Kamis, (16/07/2020).

DOMPUKAB.GI.ID – Pemda Dompu melalui Dinas Kominfo Kabupaten Dompu, mengapresiasi terhadap Indosat Ooredoo yang menghadirkan solusi Smart City, Hybrid Cloud dan Big Data.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Dompu Ir. Fakhrudin A. Wahab, M.Si, mengatakan, Smart City, Hybrid Cloud dan Big Data adalah solusi memungkinkan pemerintah Kabupaten Dompu memantau pergerakan dan aktivitas masyarakat Indonesia khususnya Kabupaten Dompu terkait dengan protokol kesehatan Covid-19 seperti kewajiban memakai masker, pemeriksaan suhu tubuh, pemantauan kapasitas gedung, dan penggunaan transportasi untuk menghindari terjadinya penularan virus Covid-19.

Setahu Kadis Kominfo, selain untuk memantau implementasi protokol kesehatan Covid-19, solusi Smart City ini juga dapat digunakan sebagai sarana koordinasi dan kolaborasi antara dinas atau instansi di pemerintah Kabupaten Dompu. “Kami sangat mengapresiasi Indosat Ooredoo Hadirkan Solusi Smart City, Hybrid Cloud dan Big Data,” ujar Kadis Kominfo Dompu, Jumat (17/7/2020).

Selain itu lanjut Kadis Kominfo Dompu, Indosat Ooredoo juga bekerja sama dengan Alibaba dalam mengembangkan solusi Hybrid Cloud untuk berbagai sektor termasuk layanan publik untuk meningkatkan efisiensi operasional. Hybrid Cloud merupakan solusi infrastruktur ICT yang bisa digunakan untuk mencapai suatu efisiensi dalam proses dan pengelolaan data.

“Contohnya, adanya pemrosesan data secara terpusat pada pemerintah Kabupaten yang akan mempermudah dalam melakukan Analisa data (data analytic) serta bertujuan untuk mengimplementasikan artificial intelligence (AI) yang dibutuhkan saat ini untuk mempercepat pengambilan keputusan,” jelasnya.

Ditambahkan Kadis Kominfo Dompu,
Solusi Hybrid Cloud ini juga dapat diintegrasikan dengan data center yang sudah dimiliki suatu pemerintah kota, sehingga dengan adanya integrasi data maka bisa dilakukan Data Analytic dan AI (Artificial Intelligence) yang akurat.

“Teknologi Big Data dapat digunakan pemerintah kota dalam pengambilan keputusan secara cepat dan akurat. Penggunaan teknologi ini akan lebih memudahkan proses analisa data seperti arus lalu lintas dan kegiatan ekonomi sebuah Kabupaten Dompu,” terangnya.

Untuk mendukung capaian ini, Kadis Kominfo Dompu berharap semoga Tahun 2020 ini, bisa dianggarakan untuk menerapkan sistem Smart City, sehingga kedepannya bisa diimplentasikan oleh Pemda Dompu. “Semoga saja Tahun 2021 nanti item ini bisa jalankan,” harapnya.

Sebelumnya, kaitan ini Kadis Kominfo Kabupaten Dompu ikut langsung dalam
CONNEX webinar Series dari Indosat Ooredoo Business melalui Vidcon di ruang kerjanya.

Pada kesempatan ini, para narasumbernya antaralain, Semuel Abrijani Pangerapan, B.Sc – Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kemkominfo, Hj. Airin Rachmi Diany, S.H., M.H., M.kn – Ketua Dewan Pengurus APEKSI dan Walikota Tangerang Selatan, H. Arief Rachadiono Wismansyah, BSc.,Mkes – Walikota Tangerang, Bayu Hanantasena – Chief Business Officer Indosat Ooredoo, Rama Raditya – Founder & CEO Qlue, M Ivan Nugroho – Business Development dan Channel Manager, Alibaba Cloud Indonesia. Sedangkan, moderatornya Supriyadi – VP-IOT & Apps Solution Indosat Ooredoo.

Intimateri dalam kegiatan ini, yakni mengetahui pengalaman dan keahlian tentang kebijakan saat mengatasi krisis pandemi Covid-19, belajar dari contoh nyata para pakar serta leader tentang perencanaan & pembangunan daerah saat pandemik Covid-19 dan meningkatkan pengetahuan tentang teknologi terbaru yang efektif & efisien untuk menjawab tantangan pembangunan Smart City di masa krisis.(TM KOMINFO)

tags: , ,

Related For Pemda Dompu Apresiasi Indosat Ooredoo Hadirkan Solusi Smart City, Hybrid Cloud dan Big Data