Menuju New Normal Dan Bebas Covid-19, Ini Paparan Bupati Dompu

Saturday, May 30th 2020. | BERITA, TANGGAP COVID-19

Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin saat memimpin rapat koordinasi  di Pandopo Bupati Dompu tentang rencana pemberlakuan “new normal”

DOMPUKAB.GO.ID – Dalam rangka Kabupaten Dompu menuju New Normal dan bebas Covid-19, Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin mengatakan, Kabupaten Dompu secara data telah  memenuhi syarat untuk menuju New Normal dan bebas covid-19.

“Indikator pencapaian itu dibuktikan tidak adanya tambahan pasien Positif Covid-19. Tingkat kesembuhan pasien positif kurang lebih mencapai 75 persen dan ditambah juga masih cukupnya ketersediaan Alat Pelindung Diri (APD),” ungkap Bupati, saat memimpin rapat koordinasi di Pandopo Bupati Dompu yang dihadiri beberapa unsur asisten dan pimpinan OPD serta para Kabag Lingkup Setda Dompu, Sabtu (30/5/2020).

Dasar ini lanjut Bupati, memutuskan bahwa mulai besok Minggu 1 Juni 2020 dan Senin akan dimulai kegiatan bersih lingkungan di seluruh wilayah kecamtan se-Kabupaten Dompu yang dikordinir oleh masing – masing camat.

Selain itu, jajaran OPD se-Kabupaten Dompu akan dibagi untuk membantu kegiatan pembersihan fasilitas umum seperti pasar, sekolah, tempat ibadah dan taman kota serta lokasi lainnya.

“Kemudian, pada hari Selasa akan dilakukan rapat evaluasi pelaksanaan program bersih lingkungan,” jelasnya.

Selanjutnya, pada hari Rabu akan menerima dan menyambut kunjungan kerja Gubernur NTB dan Kapolda NTB serta Danrem 162/WB di wilayah Kabupaten Dompu. Pada kesempatan ini, nantinya Bupati Dompu akan menyampaikan paparan terkait penanganan Covid-19 dan kesiapan Dompu untuk mengikuti New Normal dan Bebas Covid-19.

Disamping itu, dalam momentum ini Bupati juga mengintruksikan agar Dinas Kominfo Dompu melakukan koling keliling terkait pelaksanaan kegiatan bersih bersih lingkungan dan kesiapan menuju Dompu new normal.

Sedangkan, Sat Pol PP Dompu diminta untuk menyiapkan mobil Damkar yang diisi dengan air yang cukup untuk melakukan penyemprotan di titik titik tertentu dengan dukungan mobil tangki BPBD dan PDAM Dompu.

BPBD Dompu, diminta menyiapkan beberapa baliho yang bertuliskan himbauan terkait Dompu new normal dan bebas covid-19. Bahkan bersurat kepada Dandim 1614/Dompu dan Kapolres Dompu guna meminta dukungan jajaranya di Polsek dan Koramil. Begitu juga dengan camat, agar memerintahkan Kades dan Lurah untuk menggerakan masyarakat supaya melakukan melibatkan diri dalam kegiatan besih lingkungan.

“Pembagian wilayah kerja bersih bersih lingkungan oleh OPD akan segera disiapkn dan kmudian diinfokan kepada seluruh OPD melalui Grup WhatsApp SKPD, pimpinan dan penanganan Covid-19,” terang Bupati.

Menurut Bupati, bersih bersih lingkungan bertujuan memberikan sinyal kepada masyarakat akan pentingnya pola hidup sehat dan bersih sesuai protokol pencegahan Covid-19 dan mengajak untuk menggunakan masker, mencuci tangan pakai sabun di air yang mengalir, melarang berkumpul dan tetap meningkatkan Imunitas tubuh.

“Mengingat, Work From Home akan berakhir pada Tanggal 4 Juni 2020, maka OPD menyiapkan tempat kerja yang sudah bersih dan diyakini bebas dari Covid-19,” katanya.

Ditambahkan Bupati, hari Jumat 5 Juni 2020 akan dilaksanakan senam sehat bersama melawan Covid-19 dengan dress code Merah Putih.

Selain itu, regulasi untuk mendukung penetapan tarif atau biaya administrasi Surat Keterangan Berbadan Sehat (SKBS) dan bebas Covid-18 di RSUD Dompu harus segera disiapkan.

“Rencanannya terkait biaya administrasi SKBS Covid-19 akan dinaikan menjadi RP 5 Juta per-SKBS. Alasannya, bukan semata-mata untuk menarik uang masyarakat tapi tergetnya membatasi keluarnya masyarakat Dompu yang sekaligus menghindari mereka membawa pulang virus Corona dan menularkannya ke masyarakat Dompu yang lain. Biaya administrasi SKBS tidak berlaku bagi mahasiswa, pasien dan keluarga yang berobat lanjut ke luar daerah,” tandasnya. (TM KOMINFO)

tags: , ,

Related For Menuju New Normal Dan Bebas Covid-19, Ini Paparan Bupati Dompu