Raih Juara 1 Tk. Prov. NTB TP PKK Kab. Dompu Wakili NTB pada Tingkat Nasional

Friday, August 30th 2024. | BERITA


Bertempat di Aula gedung PKK Provinsi Nusa Tenggara Barat Mataram Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) bersama Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Nusa Tenggara Barat menggelar Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Provinsi Tahun 2024, Kamis, 29/08/2024.

Dalam kegiatan lomba masak serba ikan/berbahan dasar serba ikan tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat tersebut di lakukan dengan 3 jenis menu yaitu : Menu keluarga, menu balita dan kudapan.

Kegiatan ini dibuka Plh. Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB yang di wakili Sekretaris Hikmah Astinasari, ST..MM di dampingi pengurus Tk PKK Provinsi NTB.
Dalam sambutannya, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) NTB mengapresiasi kerjasama DKP dan PKK NTB untuk memperkenalkan ikan sebagai komoditas utama makanan bagi kesehatan. Lomba-lomba masak serba ikan/berbahan dasar ikan ini mulai disemarakkan dalam upaya edukasi kepada masyarakat. Khususnya anak-anak menjadi penggemar makan ikan.

Nusa Tenggara Barat sebenarnya salah satu produsen ikan terbesar. Kebutuhan ikan kita relatif cukup, Namun olahan ikan belum begitu banyak yang dihasilkan,” ucap kadis.

Prospek pengolahan ikan bisa menjadi komoditi andalan untuk ekspor dan konsumsi. Karena ikan cukup berlebih, Sebagian bisa diekspor para pengusaha atau produsen dan sebagian untuk kebutuhan di daerah serta konsumsi.

Ditempat yang sama, Kadis DKP NTB mengatakan tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah dalam rangka meningkatkan angka konsumsi ikan dan kemampuan pengelolaan pangan bersumber dari ikan yang merupakan bentuk dukungan terhadap program pencegahan stunting di Provinsi Nusa Tenggara Barat. untuk membangun kreatifitas dan membangun motivasi, baik itu ibu rumah tangga maupun kader PKK agar dapat mensosialisasikan serta mengaplikasikan di rumah tangganya masing-masing.

“Kita berharap anak-anak yang ada di rumah tangga mereka masing-masing bisa terus menerus tertarik untuk gemar makan olahan ikan ini,” ungkapnya.

Kegiatan Lomba Masak Serba Ikan turut di ikuti TP PKK dari 10 Kabupaten dan Kota se Provinsi NTB dan Bazar di Halaman Aula Gedung TP PKK Provinsi NTB, keluar sebagai pemenang pada lomba tersebut yaitu juara 1 Tim Penggerak PKK kab. Dompu Pokja 3 dan berhak mewakili NTB pada lomba Tingkat Nasional”. (TM Kominfo).

Share and Enjoy !

Shares

Related For Raih Juara 1 Tk. Prov. NTB TP PKK Kab. Dompu Wakili NTB pada Tingkat Nasional