Bupati Dompu : Sampaikan KUA-PPAS APBD Tahun Anggaran 2024 Pada Sidang Paripurna DPRD Dompu

Saturday, August 5th 2023. | BERITA

dompukab.go.id – Bupati Dompu H. Kader Jaelani menyampaikan secara resmi Rancangan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran sementara (KUA-PPAS) APBD Tahun Anggaran 2024 didepan sidang paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) yang di pimpin ketua DPRD H. Andi Bahtiar, A. Md. Par, Jumat (04/08/23). Hadir pada Bupati Dompu, pimpinan dan anggota DPRD, Anggota Forkopimda, staf Ahli Bupati, Asusten, Pimpinan OPD, Pejabat struktural dan fungsional, insan pers dan elemen lainnya.

 

Bupati Dompu, H. Kader Jaelani menyebut Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2024 merupakan implementasi Tahun Keempat RPJMD Tahun

2021-2026

 

Lebih Lanjut Bupati menambahkan tema yang diusung dalam APBD Tahun Anngaran 2024 adalah “Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Dengan Kemandirian Ekonomi Berdaya Saing Melalui Penyediaan Insfraktur Dasar Berkualitas”.

 

Menurut Bupati KUA-PPAS Anggaran 2024 disusun dengan pendekatan penganggaran yang didasari bobot program / kegiatan yang bermanfaat tinggi bagi masyarakat.

 

Bupati H. Kader Jaelani juga mengungkapkan berbagai hal yang menjadi prioritas untuk dilaksanakan di APBD Tahun Anggaran 2024.

Berbagai hal yang akan dilaksanakan di APBD Tahun Anggaran 2024 terkait dengan program / kegiatan yang sudah tertuang di RKPD”, paparnya.

 

Adapun berbagai hal yang akan dilaksanakan sesuai perioritas di RKPD tersebut adalah sebagai berikut;

 

Peningkatan Pengelolaan Air Bersih, Penurunan Angka Stunting dan Pengurangan Angka Kemiskinan secara terpadu;

 

Peningkatan Pertumbuhan Ekomomi Daerah Melakui Intervensi Pada Sektor Pertanian, Peternakan, dan Perikanan;

 

Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Intervensi Untuk Menurunkan Tingkat Kesenjangan Masyarakat;

 

Peningkatan Kualitas Pembangunan Manusia Melalui Intervensi Pada Layanan Pendidikan dan Kesehatan;

 

Mewujudkan Good Governenment and Clean Governance Melalui Peningkatan Pada Layanan Publik dan Akuntabilitas Pemerintah; dan

Mewujudkan Kerukunan Hidup Dalam Masyarakat Melalui Peningkatan Kerukunan Hidup Masyarakat Berbudaya dan Peningkatan Orientasi Daerah di Bidang Olahraga, Seni dan Budaya.

 

“Keenam program dan kegiatan yang diuraikan menjadi hal yang diperioritaskan guna dilaksanakan di APBD tahun anggaran 2024”, ungkapnya.

 

Diakhir sambutan Bupati juga mengungkapkan dalam sidang paripurna yang berlangsung akan ditetapkan Raperda Perlindungan Pemberdayaan Petani menjadi Perda.

 

Perda tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani adalah bagian dari upaya mewujudkan Visi AKJ-SYAH yaitu Dompu Mashur (Mandiri, Sejahtera, Unggul dan Religius), khususnya dengan misi meningkatkan kemandirian ekonomi masyarakat berbasis potensi lokal yang berkelanjutan.

 

Perda dimaksud merupakan bentuk keseriusan pemerintah daerah melindungi dan mengusahakan kesejahteraan bagi para petani di Kabupaten Dompu .

 

Perda yang ditetapkan ini mudah-mudahan menjadi solusi atas berbagai permasalahan yang dihadapi para petani dalam bentuk kebijakan daerah yang melibatkan semua pemangku kepentingan di Kabupaten Dompu”, harapnya.

 

Pada sidang paripurna DPRD ini juga masing – masing Fraksi menyampaikan pandangan dari fraksinya dan diakhiri dengan penandatanganan bersama berita acara dokumen KUA-PPAS APBD tahun anggaran 2024 oleh Bupati Dompu dan Pimpinan DPRD kabupaten Dompu.

Sidang paripurna DPRD kabupaten Dompu berjalan dengan aman tertib dan lancar.  (TM Kominfo)

Share and Enjoy !

Shares

Related For Bupati Dompu : Sampaikan KUA-PPAS APBD Tahun Anggaran 2024 Pada Sidang Paripurna DPRD Dompu