550 Ekor Sapi Dompu Menuju Jakarta.

Wednesday, May 24th 2023. | BERITA

Proses Pelepasan 550 Ekor Ternak Sapi Dompu Menggunakan Tol Laut Menuju DKI Jakarta. Dok, TM

dompukab.go.id – Pemerintahan Kabupaten Dompu melalui PLT Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Muhamad Abduh, SE. M.Si Pada Selasa (23/05/2023) Waktu Setempat, melepas 550 ekor ternak potong /sapi menggunakan armada Tol Laut.

Pengiriman ternak lewat tol laut ini merupakan implementasi dari program Jarapasaka sektor Peternakan sebagai salah satu program prioritas Jarapasaka.

Melalui PLT Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan mewakili Bupati Dompu H. Kader Jaelani menyampaikan ucapan terima kasih kepada para peternak dan pengusaha yang telah bekerja sama dalam mendukung proses pengiriman ternak tahun ini.

Ia pun sangat mengharapkan kepada seluruh petani ternak agar tetap semangat meningkatkan terus usaha sektor peternakan sebagai salah satu andalan program Jarapasaka.

Pemkab Dompu memastikan kedepannya akan tetap mendukung penuh program sektor peternakan demi mewujudkan peningkatan ekonomi masyarakat petani ternak sehingga berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Bupati AKJ juga mendorong para petani ternak agar tetap berusaha beternak sebab pada tahun 2024 nanti Pemda Dompu akan mengupayakan peningkatan jumlah kuota pengiriman ternak sebanyak 10.000 ekor.

Diketahui Dalam 3 tahun terakhir, kabupaten Dompu mendapat kuota pengiriman ternak :
1. Tahun 2021 sebanyak 500 ekor.
2. Tahun 2022 sebanyak 1.500 ekor.
3. Tahun 2023 sebanyak 6.000 ekor.

Pengiriman ternak dilakukan melalui 2 jalur, yaitu jalur darat dengan Menggunakan Tronton dan jalur tol laut menggunakan kapal khusus angkutan ternak Camara Nusantara.

Diakhir sambutannya, Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan Muhamad Abduh menyampaikan pesan doa dari Bupati Dompu, “semoga perjalanan pengiriman ternak tersebut selamat sampai tujuan dan kembali dengan bahagia dan membawa berkah buat daerah kita kabupaten Dompu.”

Sebelumnya, melalui keterangan salah seorang peternak didapati gambaran bahwa harga setiap ekor sapi yg dijual di DKI Jakarta dan sekitarnya untuk kebutuhan qurban biasanya dapat mencapai harga diatas 20 juta per ekor.

Sehingga dalam estimasi jika dengan jumlah kuota sebanyak 6000 ekor dapat terkirim dalam periode idul qurban maka dapat diperkirakan uang yg beredar kembali di kabupaten Dompu dari hasil usaha penggemukan sapi sekitar 120 milyar rupiah. (TM.KOMINFO).

Share and Enjoy !

Shares

Related For 550 Ekor Sapi Dompu Menuju Jakarta.