KELOMPOK RUMAH TANGGA MISKIN DOMPU AKAN TERIMA BANTUAN STB TV DIGITAL

Wednesday, August 31st 2022. | BERITA

Dompukab.go.id – Dalam beberapa minggu lagi, Masyarakat Kabupaten Dompu yang terdata dalam kelompok Rumah Tangga Miskin akan menerima bantuan Set Top Box (STB) TV Digital secara gratis dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia.

Dalam memperlancar pengalokasian bantuan tersebut, Pemerintah Kabupaten Dompu melalui Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil, Dinas Sosial dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa melaksanakan acara penyerahan data penerima manfaat kepada para kepala Desa/Lurah untuk dilakukan verifikasi kembali terkait kebenaran data kelompok Rumah Tangga Miskin di Bumi Nggahi Rawi Pahu yang dilaksanakan di Pendopo Bupati, Rabu (31/8/2022).

Wakil Bupati Dompu H. Syahrul Parsan, ST, MT yang berkesempatan hadir secara langsung menyampaikan agar masyarakat selalu bersyukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang telah diberikan selama ini.

“Kita juga harus bersyukur karena masyarakat Dompu akan mendapat bantuan hibah Set Top Bos TV Digital,” ungkap Wabub.

Oleh karena itu, Wabub menyarankan kepada Camat, khususnya Kades dan Lurah untuk melakukan verifikasi pendataan dengan benar sesuai data yang diberikan.

“Lakukan pendataan yang benar dan hanya warga yang layak yang dapat menerima bantuan ini,” tegas Wabub.

IMG_20220831_115311_824

Wabub menjelaskan, bantuan STB ini, Insya Allah akan menangkap sejumlah siaran televisi Nasional bahkan Dunia, termasuk siaran sepak bola di Dunia.

“Oleh karena itu, Kades dan Kadus harus betul-betul memverifikasi dengan falid warganya agar pengalokasiannya tepat sasaran dan kalau sudah kaya jangan diberikan,” ucap Wabub sembari menutup arahannya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Dompu Abdul Syahid, SH menjelaskan, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Kominfo RI akan menyalurkan batuan Set Top Bos TV Digital untuk Masyarakat Dompu yang terdata dalam Kelompok Rumah Tangga Miskin sebanyak 12.900.

Lanjutnya, data warga penerima bantuan STB didasari dari surat Kementerian Dalam Negeri Dirjen Dukcapil yang meminta kepada Kepala Daerah dalam hal ini Dinas Kominfo, DPM-PD, Dinas Sosial untuk melakukan Verifikasi terhadap keabsahan data dilapangan.

“Verifikasi ini bertujuan untuk mendapatkan data yg falid sebagai penerima Set Top Box yang akan dapat menerima siaran televisi secara Digital untuk menggantikan TV Analog,” jelasnya.

Syahid menyarankan, para Kades dan Lurah untuk melakukan verifikasi secara benar cepat dan tepat agar data tersebut dapat dikirim kembali dalam beberapa hari kedepan.

“Limit waktu kita singkat karena hari Jumat (2/92022) data tersebut akan dikirim kembali,” tutupnya.

IMG_20220831_115319_498

Sistem penyiaran televisi digital ini mampu memancarkan sinyal gambar dan suara dengan kualitas penerimaan yang lebih tajam serta jernih di layar TV dibandingkan siaran analog. Tujuan dari program ini untuk tetap menjamin hak masyarakat mendapatkan informasi melalui media TV dengan kualitas gambar dan suara yang lebih baik.

Perlu menjadi perhatian, untuk mendapatkan bantuan ini ada syaratnya, yakni terdata sebagai kelompok rumah tangga miskin dan harus tercantum di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial dan memiliki perangkat TV analog di rumahnya, tetapi kalau di rumahnya tidak ada televisi, dipastikan warga tersebut tidak mendapatkan bantuan STB TV Digital. (TM_KOMINFO)

tags: , , , , , , ,

Related For KELOMPOK RUMAH TANGGA MISKIN DOMPU AKAN TERIMA BANTUAN STB TV DIGITAL