Tim Gugus Tugas Covid19 Lakukan Rapid Test Jamaah Tabligh Dompu

Monday, April 13th 2020. | BERITA, TANGGAP COVID-19

DOMPUKAB.GO.ID – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Dompu, melalukan Rapid Test terhadap 139 orang dan saat ini kondisi kesehatan para jamaah Tabligh yang sudah diperiksa dalam keadaan baik.

Dari 23 orang yang dilakukan pemeriksaan Rapid test hari ini Senin 13 April 2020, 6 orang dinyatakan Rapid test Reaktif dan akan dilakukan Karantina di RS Pratama Manggelewa Dompu untuk selanjutnya dilakukan pemeriksaan SWAB.

Hal tersebut disampaikan langsung Kepala BPBD Dompu Jufri ST, saat melakukan Press Conference penanganan virus Corona Kabupaten Dompu di Sekertariat Tim GTPP Dompu di kantor BPBD Dompu, Senin (13/4/2020) malam.

Press Conference ini, dipimpin Asisten III Setda Dompu Drs H Gaziamansyuri, M.Ap bersama Kepala BPBD Dompu Jufri ST. Dalam momentum ini, juga dihadiri Danramil 1614-01/Dompu Kapten Inf. M. Yamin, Kabag Ops Polres Dompu AKP Nusrah SH S.IK, Kabag Baprokopim Setda Dompu Muhammad Iksan ST MM, Perwakilan Dikes dan RSUD Dompu serta sejumlah media cetak dan elektronik di Kabupaten Dompu.

Kepala BPBD Kabupaten Dompu Jufri ST, melalui penyampaiannya mengatakan, pada tanggal 13 April 2020 kemarin, Pemda Dompu bersama Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid19 Dompu telah melakukan Rapid Test terhadap Jamah Tablig Akbar Kluster Makasar.

“Jumlah jamaah Tablih asal Kabupaten Dompu yang ikuti kegiatan Ijtima Ulama Dunia di Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan sebanyak 139 orang,” ungkapnya.

Ia menyebut, sebelumnya pada hari Sabtu 4 April 2020 dan Jumat 9 April 2020 lalu telah dilakukan pemeriksaan Rapid Test kepada anggota Jamaah Tabligh Kluster Makasar.

“Kondisi kesehatan jamaah Tabligh yang sudah diperiksa sampai saat ini dalam keadaan baik dan yang hasil pemeriksaan Rapid test reaktif akan dilakukan Karantina di RS Pratama Manggelewa Dompu untuk selanjutnya dilakukan pemeriksaan SWAB,” jelasnya.

Sementara itu, Asisten III Setda Dompu Drs H Gaziamansyuri, M.Ap, mengatakan, sampai saat ini pihaknya bersama tim akan terus bekerja keras dan berupaya secara maksimal untuk terus melakukan pencegahan terhadap penyebaran Virus Corona (Covid19) di wilayah Kabupaten Dompu.

“Diminta kepada semua unsur untuk tetap mengedukasi dan mengsosialisasikan kepada masyarakat tentang protokol pencegahan Covid19,” terangnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, bahwa data kewaspadaan Covid19 di Kabupaten Dompu tanggal 13 April 2020 pukul 12.00 wita yakni, jumlah orang yang diperiksa sebanyak 2.238 dan yang dinyatakan Positif belum ada.

Dari data tersebut, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 74 orang (40 orang masih dalam pemantauan dan 34 orang selesai dalam pemantauan). Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 11 orang (2 orang masih dalam pengawasan dan 9 orang selesai pengawasan). Pelaku Perjalanan Tanpa Gejala (PPTG) sebanyak 2.153 orang dan 130 Orang Tanpa Gejala (OTG). Untuk menentukan positif atau negatif tersebut menunggu hasil tes SWAB. (TM KOMINFO)

tags: , , ,

Related For Tim Gugus Tugas Covid19 Lakukan Rapid Test Jamaah Tabligh Dompu