Tim Covid-19 Dompu Umumkan Hasil Swab Test Rabu 6 Mei 2020, Hasilnya ada Penambahan 1 Kasus Positif

Thursday, May 7th 2020. | BERITA, TANGGAP COVID-19


DOMPUKAB.GO.ID – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Dompu, Rabu (6/5/2020) mengumumkan hasil pemeriksaan terhadap 29 pasien asal Kabupaten Dompu yang sebelumnya menjalani Swab Test.

Dari jumlah itu, hasilnya ada penambahan 1 kasus baru positif Covid19, 12 sampel negatif ulang dan 16 sampel negatif.

Sekertaris Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Dompu Jufrin ST, MM, mengatakan, kasus baru positif Covid-19 tersebut yakni Pasien nomor 300 Tn. S (35 thn) warga Desa Soritatanga Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu.

“Pasien ini pernah melakukan perjalan ke Gowa Makassar. Riwayal kontak dengan pasien Cowd-19 tidak pemah. Saat ini menjalani karantina dii Puskesmas Calabai ll Nangakara Dompu dengan kondisi baik,” ungkapnya.

Sedangkan lanjut Jufri, 12 sampel negatif ulangan tersebut dinyatakan sembuh dari Covid-19 setelah pemeriksaan Laboraturium swab dua kali dan keduanya negatif.

Para pasien ini antaralain, Tn. AW (35 thn) warga Desa O’o Kecamatan Pekat, Tn. SB (45 thn) warga Desa Lepadi Kecamatan Pajo, Tn. SY (46 thn) warga Desa Lepadi Kec.lamatan Pajo, Tn. Y (48 thn) warga Desa Soritatanga Kecamatan Pekat, Tn. AL (50 thn) warga Desa Doropeti Kecamatan Pekat, Tn. LD (38 thn) warga Desa Nangamiro Kecamatan Pekat.

Tn. MY (45 thn) warga Desa Calabai Kecamatan Pekat, Tn. MH (l7 thn) warga Desa Nangakara Kecamatan Pekat, Tn. I (23thn) warga Desa Kadindi Kecamtan Pekat,Tn. MS (55 thn) warga Desa Kadindi Kecamatab Pekat, Tn. SP ( 24 thn) warga Desa Kadindi Kecamatan Pekat dan Tn. SL (44 thn) warga Desa Pekat Kecamatan Pekat.

“Dengan adanya tambahan l kasus baru terkonfirmasi posisitif Covid-19. maka jumlah pasien positif Covid-l9 di Kabupaten Dompu sampai hari ini (6/5/2020) sebanyak 39 orang dengan rincian 1 orang meninggal dunia, 37 orang masih positif dan dalam keadaan baik,” paparnya.

Ditambahkan Jufri, untuk mencegah penularan dan deteksi dini penularan Covid-19, petugas kesehatan tetap melakukan contact tracing terhadap semua orang yang pernah kontrak erat dengan yang terkonfirmasi positif.

“Sampai pada hari ini (26/4/2020), telah didata sebanyak 161 orang dan telah dilakukan Rapid Test dan pemeriksaan swab,” jelasnya.

Hingga press realese ini dikeluarkan sambung Jufri, jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 43 orang dengan perincian 33 orang (77 persen) PDP masih dalam pengawasan, 10 orang (23 persen) PDP selesai pengawasan/sembuh. Untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) jumlahnya 118 orang terdiri dari 32 orang (27persen) masih dalam pemantauan den 86 orang (73 persen) selesai pemantauan.

Jumlah Orang Tanpa Gejala (OTG) yaitu orang yang kontak dengan pasien positif Covid-l9, namun tanpa gejala sebanyak 361 orang. Sedangkan Pelaku Pcrjalanan Tanpa Gejala (PPTG) yaitu orang yang pernah melakukan perjaIanan dari daerah terjangkit Covid-19 sebanyak 3.959 orang.

“Yang masih menjalani isolasi mandiri sebanyak 1.709 orang (43 persen) dan yang selesai menjalani masa isolasi mandiri 14 hari sebanyak 2.250 orang (57 persen),” terangnya.

Berangkat dari kondisi ini, Jufrin menghimbau kepada seluruh masyarakat agar menjaga kedisplinan dan kewaspadaan terhadap penyebaran wabah Covid-19.

Berdasarkan pantauan, satt ini masih banyak masyarakat yang tidak menerapkan protokol pencegahan dan penanganan pcnyebaran Covid-19 sesuai anjuran pemerintah.

Hal itu terbukti, kegiatan jual beli di sejumlah pasar tradisional, rumah makan/lesehan, pusat pusat pembeIanjaan serta pedagang asongan disepanjang jalan dalam bulan suci Ramadhan ini, terpantau masih banyak warga yang tidak menggunakan masker dan tidak menerapkan physical distancing.

Kerumunan masyarakat terutama anak-anak muda menjelang berbuka puasa, menggunakan sepeda motor tanpa helm dan masker.

“Sehubungan dengan hal tersebut diminta kepada Camat, Kepala Desa dan Lurah agar melakukan pengawasan dan penernban secara tegas, dengan mengacu kepada Himbauan Bupati Dompu Nomor: 450/25/KESRA Tanggal 23 April 2020,” tegasnya.

Kepada masyarakat juga, diharapkan memberikan dukungan kepada pasien dan keluarga positif Covid-19 sehingga cepat sembuh melewati masa perawatan. Terima kasih kepada masyarakat yang telah berperan aktif dalam upaya pemutusan rantai penularan Covid 19.

“Untuk menghindari Informasi yang tidak benar tentang Covid-19, masyarakat diharapkan mendapatkan informasi dari sumber sumber resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah. Baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Pemerintah Kabupaten Dompu menyediakan layanan Media Sosial facebook yaitu Diskominfo Kab. Dompu, Baprokopim Dompu NTB dan lnfoCorona Dompu semi Layanan Call Centre 085 338 116 661,” tandasnya. (TM KOMINFO)

tags: , ,

Related For Tim Covid-19 Dompu Umumkan Hasil Swab Test Rabu 6 Mei 2020, Hasilnya ada Penambahan 1 Kasus Positif