Peringati 206 Tahun Hari Jadi Dompu, Pemda Gelar Upacara di Lapangan Beringin

Monday, April 12th 2021. | BERITA

Upacara dalam rangka memperingati 206 tahun Hari Jadi Kabupaten Dompu Tahun 2021 dengan tema Melalui Hari Jadi Dompu. Minggu (11/4/2021)

DOMPUKAB.GO.ID – Jajaran Pemda Dompu, melaksanakan kegiatan upacara di lapangan Beringin kantor Pemda Dompu, Minggu (11/4/2021). Upacara ini dalam rangka memperingati 206 tahun Hari Jadi Kabupaten Dompu Tahun 2021 dengan tema Melalui Hari Jadi Dompu, Kita Tingkatkan Partisipasi Masyarakat Dompu yang Maju, Sejahtera, Unggul dan Religius (Mashur).

Kegiatan ini, dipimpin  Bupati Dompu Kader Jaelani selaku Inspektur upacara. Sementara komandan upacara yakni Danramil 01 Kota Kodim 1614/ Dompu Kapten Inf M.Yamin. Sedangkan para peserta upacara yakni 1 regu (masing-maaing 5 orang) Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Dompu, Setda Dompu, Setwan Dompu, BPKAD Dompu, BKD dan PSDM Dompu, Inspektorat Dompu, Bappeda dan Litbang Dompu, DP3A Dompu, DPPKB Dompu, Distanbun Dompu, Dinas Kelautan dan Perikanan Dompu, Dinas Ketahanan Pangan Dompu, Dinas PUPR Dompu, Dinas PKP Dompu, Dinas Lingkungan Hidup Dompu, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Dompu, Dinas Dikpora Dompu, UPTD Dikpora Kecamatan Dompu, Woja dan Pajo, DPMPD Dompu, Dinas Dukcapil Dompu, Dinas Perternakan dan Kesehatan Hewan Dompu, SKB Dompu, Dikes Dompu, RSUD Dompu, Dinas Sosial Dompu, Disnakertrans Dompu, Dinas Penanaman Modal dan PTSP Dompu, Dinas Koperasi dan UKM Dompu, Dinas Perindag Dompu, Bapenda Dompu, Dinas Perpustakaan dan Arsip Dompu, Bakesbangpol Dompu, Kecamatan Dompu, Woja, Pajo dan Kelurahan. Tidak hanya itu, para peserta juga terdiri dari 1 SSK TNI, Brimob, Polisi, Sat Pol PP, Korsik Pemda dan 1 Pleton Pramuka.

Ketua Mahkamah Konstitusi RI Dr.Anwar Usman, SH.MH., Wakil Bupati Dompu Bpk H. Syahrul Parsan, ST. MT., Sekda Dompu H. Moh. Syaiun, SH. M.Si., para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Dompu bersama jajarannya, para Camat, Lurah dan Kades.

Hadir juga, Walikota Bima. H. Moh. Lutfi. SE, Bupati Bima Hj. Dinda Damayanti, SE., Dandim 1614/Dompu. Letkol inf. Ali Cahyono, S.Kom., Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat, SH. SIK, Kajari Dompu Mei A.beto Harahap, SH. Ketua DPRD Dompu Andi Bachtiar, A.Md.Par. bersama sejumlah anggota DPRD Dompu, Ketua pengadilan Agama Dompu Mukhlassudin, SH. MH., Tokoh masyarakat, tokoh agama,  dan tokoh adat Dompu.

Upacara diawali dengan Komandan upacara memasuki lapangan upacara, pembacaan sejarah singkat Kabupaten Dompu, Inspektur upacara memasuki mimbar upacara, penghormatan pasukan kepada inspektur upacara, laporan komandan upacara kepada inspektur upacara

Setelah itu, dilanjutkan dengan membawa Pataka Lambang  Kabupaten Dompu untuk memasuki lapangan Upacara, Penghormatan kepada Pataka lambang kabupaten Dompu, Pengibaran Bendera Merah Putih, Mengheningkan Cipta, Pembacaan teks Pancasila dan Pembacaan pembukaan UUD 1945.

Bupati Dompu Kader Jaelani, melalui penyampaiannya dalam upacara ini mengatakan, seiring dengan perubahan waktu tidak terasa daerah yang bermoto nggahi rawi Pahu tahun ini telah berusia 206 tahun. Ia menyebut,
usia 206 tahun adalah rentang waktu yang cukup panjang dalam perjalanan sebuah daerah dengan usianya yang ke 206 tahun.”Tentu banyak romantika dan dinamika sejarah yang telah dialami di Kabupaten Dompu,” paparnya.

Menurut Bupati, peringatan hari ulang tahun atau peringatan hari jadi ini memberi makna yaitu mendorong daerah ini untuk menengok masa lalu sebagai mata rantai sejarah sebagai sebuah fondasi kokoh dan sebagai referensi untuk menapaki masa kini dan masa depan.

Artinya, peringatan ini dijadikan sebagai sarana mawas diri atau introspeksi diri dengan demikian setiap perjalanan kehidupan yang dilewati selalu bermakna karena mampu memberikan jawaban atas segala persoalan dan tuntutan kekinian serta responsif dengan tantangan peradaban ke depan prospektif artinya berupaya merancang atau mendesain sebuah formulasi baru masa depan yang berlandaskan realita dan dinamika yang berkembang tanpa melupakan nilai-nilai dan peristiwa bersejarah di masa lalu

“Hari jadi Dompu 206 ini  berbagai kemajuan dan perubahan yang dapat dilihat dan dinikmati oleh kita semua tentunya tidak akan bernilai apa-apa, bila kita tidak menengok dimasa silam dengan berbagai usaha dan upaya yang luar biasa serta pengorbanan tiada tara dari para leluhur,” ungkapnya.

Para leluhur ini lanjut Bupati, telah berupaya dengan sebaik-baiknya untuk membangun daerah ini. Oleh karena itu, sudah selayaknya bagi semuanya untuk berterima kasih yang tulus dan ikhlas kepada para Sultan dan keluarganya. Terutama para mantan Bupati dan Wakil Bupati, para mantan pejabat daerah dan para alim ulama cendekiawan orang tua serta guru guru dari berbagai periode (zaman). Begitu juga, para pihak-pihak yang telah memberikan andil yang besar dan luar biasa  atas eksistensinya untuk keberlanjutan dan nama baik daerah ini sehingga dapat dikenal dan dikenang sepanjang zaman.

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya. Semoga dengan kita mengingat jasa beliau maka terpatri rasa syukur yang teramat dalam kepada Allah subhanahu wa ta’ala atas segala anugerah dan nikmat yang diberikannya. Kita juga yang hidup pada zaman ini harus dapat menjaga merawat dan meneruskan perjuangan mereka untuk kemajuan dan keberlanjutan pembangunan yang toyyibatun warabbun Ghafur,” jelasnya.

Tambah Bupati, mari wujudkan hari jadi Kabupaten Dompu 206 ini untuk membangkitkan partisipasi masyarakat menuju Dompu yang Mashur dengan segala potensi yang dimiliki baik sumber daya manusia maupun sumber daya alam yang cukup melimpah ini dengan harapan menjadikan daerah ini memiliki daya saing yang tinggi di lingkup regional maupun nasional tanpa mengabaikan kelestarian alam dan lingkungan.

“Mari kita juga meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah subhanahu wa taala sehingga kesejahteraan yang dicapai adalah kenyataan yang diliputi rahmat serta kasih sayang dari Allah subhanahu wa ta’ala,” terangnya.

Sambung Bupati, Pemerintah Daerah Dompu sedang bekerja keras untuk mencegah dan mengendalikan covid-19 dengan mendorong masyarakat untuk patuh dan taat pada protokol kesehatan Covid-19 dan mengikuti program vaksinasi agar  bisa memutus mata rantai Covid-19.

Bupati juga, mengajak seluruh komponen masyarakat Kabupaten Dompu agar bersama pemerintah mendukung dan mensukseskan program pemerintah sesuai dengan kapasitas kita masing-masing ditengah menghadapi bencana non alam pandemi covid 19. Meskipun saat ini, masyarakat dan daerah Dompu dihadapkan dengan bencana alam banjir bandang yang mengakibatkan jaringan perpipaan air minum, fasilitas infrastruktur jalan gorong-gorong jembatan dan lain-lainnya mengalami kerusakan hingga mengalami kerugian mencapai puluhan bahkan ratusan miliar. “Kita tidak perlu mencari penyebab dari semua bencana yang terjadi. Tapi intinya, terjadinya banjir itu akibat kerusakan hutan,” katanya.

Masih menurut Bupati, daerah ini dengan segala keberkahan rezeki dan potensi daerah yang berlimpah berdasarkan potensi dan komoditi unggulan tersebut. Maka program unggulan daerah untuk 5 tahun ke depan adalah mengembangkan komoditi jagung, porang, padi, sapi dan ikan (JARA PASAKA).

Demi menampung dan mengelola komoditi unggulan tersebut, perlu membangun kelembagaan yang kuat melalui badan usaha milik desa atau BUMDes dan koperasi koperasi petani dan lembaga-lembaga ekonomi Desa ini merupakan aset desa yang kemudian dinamai dengan pasar desa dan seterusnya operasi secara sinergis dengan perusahaan daerah di bidang pangan program unggulan daerah dimaksud diprioritaskan demi mewujudkan Kabupaten Dompu yang mashur.

Pemerintah Daerah, akan bekerja keras bahu-membahu dengan melibatkan semua elemen masyarakat di daerah tentunya dengan mengharap dukungan seluruh stakeholder yang ada utamanya pimpinan dan anggota DPRD Dompu, termasuk Pemerintah provinsi NTB dan Pusat.

Disamping upaya-upaya untuk memajukan daerah dengan berbagai program unggulan, Bupati   juga mengajak seluruh elemen masyarakat di daerah ini untuk terus meningkatkan pola hidup bersih dan sehat. Maka itu,  pemerintah akan meluncurkan program Dompu bersih, hijau dan sehat atau yang disingkat dengan Dompu berjasa Jumat bersih Sabtu hijau dan Minggu sehat.

“Tujuannya, agar masyarakat terbiasa dengan menjaga kebersihan lingkungan gemar menanam dan memelihara tanaman baik di pekarangan maupun di lahan lahan pertanian serta dapat menjaga kesehatan dengan berolahraga melakukan pemeriksaan kesehatan secara dini donor darah dan mengkonsumsi makanan yang bergizi,” jelasnya lagi.

Diakhir sambutannya Bupati juga mengatakan tanpa terasa beberapa hari ke depan akan memasuki bulan suci Ramadan 1440 Hijriah, bulan yang penuh rahmat dan maghfirah serta ampunan dari Allah subhanahu wa ta’ala. Maka itu, atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Dompu,  mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa.

Pihaknya, juga memohon maaf yang mendalam atas segala salah dan khilaf mudah-mudahan ibadah puasa tahun ini mengantarkan semuanya menjadi hamba yang bertaqwa. “Semoga kita semua tetap dalam lindungan Allah SWT,” ucapnya.

Lebih jauh Bupati menyebut, Pemerintah Kabupaten Dompu memberikan apresiasi kepada para juara lomba STQ ke-26 tingkat provinsi NTB yang berlangsung di Mataram beberapa waktu yang lalu. Alhamdulillah, Kabupaten Dompu mendapat juara umum ketiga. Atas prestasi dan keberhasilan mereka  pemeritah daerah Dompu
memberikan bonus berupa uang terhadap peserta yang meraih juara dan bonus uang juga kepada para pihak lainnya. “Semoga dalam STQ dan MTQ tingkat Provinsi, Nasional tahun depan para qori dan Qoriah kita mampu mempertahankan dan meningkatkan prestasinya. Dirgahayu dan jayalah selalu bumi nggahi rawi Pahu,” tandasnya.

Usai penyampaian Bupati  dilanjutkan dengan pembacaan Do’a, Andika Bhayangkari, Penghormatan kepada Pataka lambang daerah Dompu, Laporan komandan upacara kepada inspektur upacara, Penghormatan kepada inspektur upacara, Laporan Perwira Upacara kepada inspektur upacara dan Inspektur upacara meninggalkan lapangan upacara. Sebagaimana juga diketahui, jalannya upacara ini tetap menerapkan protokol kesehatan terutama dalam hal mengenakan masker, menjaga jarak dan lainnya. Usai pelaksanaan upacara ini, para rombongan melakukan ziarah dan menaburkan bunga di makam Sultan samping Masjid Baiturrahman Dompu. (TM KOMINFO)

Related For Peringati 206 Tahun Hari Jadi Dompu, Pemda Gelar Upacara di Lapangan Beringin