Cegah Penularan Covid-19 di Dompu, Ini Penjelasan Bupati Dompu

Thursday, April 2nd 2020. | BERITA, TANGGAP COVID-19

Bupati Dompu, Drs. H. Bambang M. Yasin, ditemui di kantor DPRD Dompu

DOMPUKAB – Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin, meminta kepada seluruh jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan masyarakat se-Kabupaten Dompu, untuk mentaati semua peraturan pemerintah yang tertuang dalam aturan pencegahan penyebaran virus Corona (Covid-19). Hal ini, ditegaskan Bupati dengan harapan agar penanganan masalah Covid-19 bisa dilakukan secara maksimal.

“Beberapa bulan kemarin hanya berlaku himbauan saja termasuk jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) . Tapi sekarang sudah beda karena penanganan Covid-19 sudah ada aturan yang diterapkan oleh pemerintah,” ujar Bupati, saat ditemui di halaman kantor DPRD Kabupaten DompuKamis (2/4/2020).

Bupati menambahkan, hari ini pihaknya melakukan rapat secara kongkrit termasuk mengenai anggaran di OPD-OPD yang bisa digeser untuk kebutuhan penanganan virus tersebut. “Artinya, jajaran OPD harus bisa menyimpulkan pos anggaran mana yang digeser,” jelasnya.

Bupati juga menjelaskan, pemda akan melakukan pembangunan Posko Pemeriksaan di perbatasan dua perbatasan SUmbawa-Dompu dan Dompu-Bima. “Di Pemda masih banyak uang apalagi untuk biaya bangun posko pemeriksaan dan lainnya. Anggaran perjalanan dinas selama satu bulan pun bisa digunakan untuk membiayai kebutuhan itu,” terangnya.

Menurut Bupati, sebenarnya yang ingin dibangun oleh pemerintah yakni kesadaran masyarakat dan pihak lainnya. Salah satunya, tidak bertatap muka (bertemu) dengan siapapun. “Masyarakat tetap tinggal di rumah dan tidak memberi beban kerja tambahan bagi pemerintah, itu bagian kontribusi nyata diberikan oleh masyarakat,” himbaunya.

Bupati juga mengaku, kalau memasuki pukul 9 malam hari dirinya sudah tutup pintu. Bahkan, dirinya memerintahkan anggota Sat Pol PP yang berjaga di Pandopo Bupati Dompu, kalau tidak sangat penting agar memberitaukan kepada para tamu atau siapapun yang ingin menemui Bupati untuk datang pas jam kerja. “Saya saja menerima siapapun yang datang keruangan kerja saya itu, tidak lebih dari 10 menit,” ungkapnya.

Lebih jauh Bupati menegaskan, semua harus banyak balajar dari masalah. Sebab selama ini, terlalu banyak toleransi.”Sekarang kita harus belajar untuk sama-sama mengerti. Kalau bertamu lihat waktu,” tandasnya.(TM-KOMINFO)

tags: , , , ,

Related For Cegah Penularan Covid-19 di Dompu, Ini Penjelasan Bupati Dompu