Lawan Covid-19, Polres Dompu Ikuti Launching Program Lomba Kampung Sehat

Friday, June 19th 2020. | BERITA, TANGGAP COVID-19

Bupati Dompu Drs. H. Bambang M Yasin hadir dalam acara Launching Lomba “Kampung Sehat” di Lapangan Karijawa Dompu. Jum’at, (19/06/2020).

DOMPUKAB.GO.ID – Polres Dompu AKPB Syarif Hidayat, SH, S.I.K., Jumat (18/6) melakukan Launching program Kampung Sehat, yang dimana program launching kali ini dilakukan serentak di Kota/Kabupaten masing-masing se-Provinsi NTB dengan menggunakan Aplikasi Zoom sebagai prantara komunikasi, untuk Kabupaten Dompu bertempat di lapangan Karijawa Dompu.

Nampak hadir pada launching Kampung Sehat di Lapangan Karijawa Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin, ditemani Ketua DPRD Kabupaten Dompu Andi Bachtiar, A.Md.Par, kepala kajari Dompu Mei Abeto Harahap, SH. Beserta Dandim 1614 Dompu terwakili. Dan tampak pula hadir dalam layar monitor Gubernur NTB Dr. Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc. bersama beberapa Kepala Forkopimda NTB.

Kapolres Dompu menjelaskan, program “Kampung Sehat” merupakan program kerja yang di gagas oleh Polda NTB Irjen Pol Muhammad Iqbal, memiliki misi sosial yakni meningkatkan partisipasi masyarakat melawan pandemi Covid-19. Acara nantinya akan dikemas dalam bentuk lomba agar warga berlomba menciptakan lingkungan bersih namun juga menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan standar kesehatan daerah masing-masing,” katanya.

“Kami sadar bahwasanya program ini tidak akan berhasil tanpa partisipasi langsung oleh masyarakat, Kabupaten Dompu awalnya hanya mengikut sertakan 20 Desa dalam perlombaan, namun setelah dipertimbangkan kami pada akhirnya memutuskan akan mengikutsertakan seluruh desa untuk ikut serta dalam lomba kampung sehat kali ini” jelasnya.

Sementara itu, meski lomba berbasis desa, namun kata “Kampung” dipilih karena memiliki kesan yang lebih pas dalam konteks acara itu.

Syarif Hidayat menambahkan, kegiatan melibatkan banyak pihak seperti TNI, pemerintah daerah, kalangan swasta, dan instansi lainnya.

Penjurian dilakukan secara berjenjang. Seleksi dimulai di tingkat Kecamatan. Masing-masing Kecamatan di NTB memilih tiga Desa terbaik untuk dilombakan di tingkat Kabupaten/Kota.

Kabupaten/kota memilih tiga terbaik untuk dilombakan di tingkat Provinsi. Mereka akan dilombakan dalam 30 besar untuk mendapatkan juara terbaik di NTB. ”Selain juara satu, dua dan tiga, ada lima kategori juara favorit,” jelasnya.

Bupati Dompu Drs. H. Bambang M Yasin saat memberikan sambutan acara Launching Lomba “Kampung Sehat”. Jumat, (19/06/2020)

Dalam kesempatannya Bupati Dompu mengingatkan, “Kampung sehat ini merupakan salah satu program yang harus bersama-sama kita apresiasi yang dimana pemerintah merasa perlu melibatkan masyarakat langsung dalam mewujudkan daerah yang sehat. Karena kita semua akan butuh sehat. Mengingat selama 3 bulan ini daerah kita telah terserang wabah Covid-19, saya mengharapkan agar kiranya kita semua dapat berperan aktif dalam mewujudkan lingkungan yang sehat, sehingga goal program ini bisa terwujud, yaitu Dompu bebas Covid-19.” ungkapnya.

Melalui pantuan langsung oleh tim media acara Launching kampung sehat kali ini berjalan dengan aman dan hikmat dan diakhiri dengan bunyi serine yang menandakan program kampung sehat resmi dimulai. (TM KOMINFO)

tags: , ,

Related For Lawan Covid-19, Polres Dompu Ikuti Launching Program Lomba Kampung Sehat