Lawan Covid-19, Pemda Dompu Gelar Rappid Test, Pembagian Masker dan Sosialisasi

Tuesday, May 12th 2020. | BERITA, TANGGAP COVID-19


DOMPUKAB.GO.ID – Pemerintah Daerah melalui Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Dompu, Selasa (12/5/2020) melaksanakan Rapid Test secara massal yang dirangkaikan dengan pembagian masker dan sosialisasi mengenai protokol pencegahan virus Corona (Covid-19). Hal ini dilakukan, sebagai langkah memutus mata rantai penyebaran dan penularan virus yang mematikan tersebut.

Pantauan langsung, Rappid test yang berlangsung dibundaran pasar Dompu, ini ditangani secara langsung oleh petugas Puskemas Dompu Kota. Sebanyak ratusan orang yang terdiri dari para pedagang, pengunjung dan masyarakat Dompu di lokasir pasar sangat antusias menjalani pemeriksaan kesehatan (Rappid Test).

Terlihat juga di lokasi ini, Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin yang juga Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Dompu bersama Dandim 1614/Dompu Letkol Inf. Ali Cahyono S.Kom, Sekertaris Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Dompu Jufri ST. MM, Kepala Dinas Kominfo Dompu Ir. Fakhrudin A. Wahab M.Si, Perwakilan Kapolres Dompu dan beberapa jajaran lainnya, membagikan ribuan masker kepada para pengendara motor dan mobil serta pejalan kaki di sekitar lokasi pasar Dompu.

 

Selain membagikan Masker, mereka pun termasuk pihak Diskominfo Dompu melalui pengeras suara mengsosialisasikan dan meghimbau kepada pengguna jalan untuk memakai masker saat berpergian.

Bupati Dompu Drs. H Bambang M. Yasin, mengatakan, alasan dilaksanakan kegiatan ini untuk memastikan semua protap penanganan Covid-19 bisa diterapkan di seluruh wilayah Kabupaten Dompu.

Ia menyebut, pihaknya selaku Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 tidak akan pernah lelah melakukan dan memikirkan cara-cara terbaik untuk mempercepat penghentian penyebaran Covid-19 di Kabupaten Dompu.

“Kita sama sama sangat berharap agar kasus positif Covid-19 tidak bertambah di Kabupaten Dompu dan berdoa agar para pasien Positif virus itu bisa segera sembuh dan bebas dari virus tersebut,” ujar Bupati Dompu, saat diwawancarai di lokasi berlangsungnya kegiatan Rappid Test.

Bupati Dompu juga menyebut, kegiatan seperti ini dilaksanakan di 8 Kecamatan yang ada Kabupaten Dompu oleh para petugas kesehatan dan lainnya.

“Targetnya hari Sabtu nanti, proses Rappid test ini harus selesai dan itu mencakup 35 persen dari orang yang pernah melakukan perjalanan. Mereka yang sekarang merasa tidak ada gejala apapun, kami sampling, sampel dan rapid. Kita berharap hasil Rappid Test ini lebih banyak yang Non Reaktif,” jelasnya.

Disinggung mengenai Swab Test kemarin malam terhadap pasien Positif Covid-19?

Ditambahkan Bupati Dompu, hasilnya masih ditunggu. Mereka yang positif Covid-19 tersebut dalam kondisi membaik. Apabila hasil Swab test nanti kembali Negatif, maka para pasien tersebut akan dipulangkan ke rumah masing-masing.

“Alasan dilakukan Swab test terhadap mereka, agar kita mengetahui apakah para pasien ini sudah benar benar sembuh alias terbebas dari virus Corona. Cara ini juga adalah bagian untuk meyakinkan masyarakat di sekitar tempat tinggal para pasien ini,” papar Bupati sembari menutup komentarnya.

Masih dalam pantauan, terlihat Kadis Kominfo Kab. Dompu, Ir. H. Fakhruddin A. Wahab M.Si bersama sang istri yang juga seorang ASN, ikut menjalani Rapid Test dilokasi kegiatan. Dalam momentum ini,Kadis Kominfo Kab. Dompu, Ir. H. Fakhruddin A. Wahab M.Si mengatakan, untuk memastikan diri, keluarga dan masyarakat untuk tidak terinfeksi Covid-19 adalah hal yang bisa membantu bagi semuanyauntuk bisa bebas melakukan berbagai aktivitasnya baik dirumah, dikantor ataupun ditempat lainnya.

“Mengikuti kegiatan rappid tes adalah sesuatu hal yang biasa dan tidak perlu dikhawatirkan dan ini harus menjadi contoh bagi kita semua,” jelasnya.

Kadis Kominfo Dompu, mengajak untuk bersama sama melawan Corona dengan
memastikan diri dan keluarga tidak terinfeksi Covid-19.”Cara sehat untuk bebas Covid-19 bisa dilakukan dengan cara Iman, Imun, Aman dan Amin,” tandasnya. (TM KOMINFO)

tags: , ,

Related For Lawan Covid-19, Pemda Dompu Gelar Rappid Test, Pembagian Masker dan Sosialisasi