Kenalkan Aplikasi Kururio, Kadis Kominfo Dompu Tatap Muka Dengan Relawan TIK

Thursday, June 25th 2020. | BERITA, TANGGAP COVID-19

Tim Relawan TIK Kabupaten Dompu mengunjungi Kepala Dinas Kominfo, Ir. Fakhrudin A. Wahab, M.Si dalam rangka Sosialisasi pengenalan Aplikasi Kururio, Selasa (23/6/2020).

DOMPUKAB.GO.ID – Kepala Dinas (Kadis) Kominfo Kabupaten Dompu, Ir. Fakhrudin A. Wahab, M.Si, Selasa (23/6/2020) kemarin, melakukan pertemuan dengan tim Relawan TIK. Pertemuan ini, membahas dan memperkenalkan tentang aplikasi baru bernama Kururio.

Pada kesempatan ini, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Dompu, Ir. Fakhrudin A. Wahab, M.Si, menyampaikan pemanfaatan teknologi Informasi dan komunikasi dewasa ini semakin pesat termasuk di Kabupaten Dompu.

“Kami Pemerintah Kabupaten Dompu melalui Dinas Komunikasi dan Informatika menyambut baik adanya aplikasi baru yang bernama Kururio dan berharap aplikasi baru ini bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Dompu,” ujar Kadis Kominfo Dompu, ketika menerima tim Relawan TIK yang hadir di Kantor Dinas Kominfo setempat.

Kadis Kominfo yang juga didampingi
Tim media Kominfo dan beserta jajarannya ini, juga mengatakan aplikasi Kururio juga bermanfaat bagi pihak yang bergerak pada bidang (kegiatan) ekonomi (UMKM), edukasi dan pengembangan sumber daya manusia (SDM).

Disela waktu, Direktur dari PT. Kurorio
Eko Prasetyo, melalui Vidcon juga menjelaskan tentang tugas Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (RTIK). Tugas itu yakni, membantu Kementerian komunikasi dan Informatika RI untuk melakukan kerja-kerja literasi, membantu bangsa memiliki gait yang luar biasa besar.

Eko Prasetyo juga, menjelaskan tentang penggunaan teknologi berupa smartphone oleh masyarakat hanya digunakan untuk menelpon, SMS dan Sosial Media. Padahal pemanfaatan teknologi tersebut lebih dari itu, misalnya dapat digunakan untuk belajar dan berbisnis.

“Tim Relawan TIK di berikan kepercayaan oleh Tim Gugus Tugas Covid-19 yang berada di pusat dan masuk kedalam tim 3 dalam melakukan teknis diseminasi informasi terkait dengan konten-konten positif Covid-19,” paparnya.

Tidak hanya itu, Eko Prasetyo juga menjelaskan tentang dampak Covid-19 bagi Usaha kecil mandiri (UKM). Dimana omset UKM menurun sampai 70 persen ini disebabkan karena terbatasnya pergerakan masyarakat sesuai dengan protokol (standar) kesehatan menghadapi pandemi Covid-19.

“Dengan adanya aplikasi Kururio, kami berharap dapat membantu perekonomian yang ada di Kabupaten Dompu,” harapnya.

Hal yang sama juga disampaikan Ketua Relawan TIK Moh. Ridwan, S.Pd. TI Pada selemparan ini pun, dia menjelaskan tentang adanya aplikasi baru yaitu Kururio yang hak patennya dimiliki oleh PT. Kururio berpusat di Kota Baubau Provinsi Sulawesi Tenggara.

Ia pun menyebut, Kurorio adalah aplikasi sejenis Gojek atau Grab yang dimana berfungsi sebagai penghubung antara pengguna yang ingin menggunakan layanan sepeda motor atau mobil terdekat, sehingga mereka akan bertemu sesegera mungkin.

“Aplikasi ini juga akan menghitung harga yang Anda (sebagai pelanggan) perlu bayarkan berdasarkan jarak (kilometer) antara posisi Anda saat ini dengan tujuan yang Anda masukkan ke dalam aplikasi. Aplikasi ini tersedia di App Store & Play Store,” terang Moh. Ridwan, S.Pd. TI.

Ditambahkannya, aplikasi Kururio telah tersebar di 68 kabupaten/kota di Indonesia dan untuk di NTB baru ada di Kota Mataram. Sedangkan di Kabupaten Dompu masih dalam tahap sosialisasi.

Kururio sedang merintis kerjasama dengan Usaha Kecil Mandiri (UKM) dan Usaha Menengah Kecil Mandiri (UMKM) yang berada di Kabupaten Dompu, sehingga melalui aplikasi kururio ini dapat membantu mempromosikan usaha mereka. Ada beberapa fitur dari kururio ini, seperti dapat melakukan pemesanan ojek motor, mobil, melakukan food delivery dan paket delivery.

“Dalam proses perekrutan driver telah terdaftar 6 orang dan 11 UMKM, pada tahap sosialisasi kepada para Driver ojek terdapat beberapa kendala karena ada beberapa driver yang memiliki motor tetapi tidak memiliki HP android dan juga ada beberapa kendala jangkauan sinyal yang belum merata di Kabupaten Dompu,” tandas Moh. Ridwan, S.Pd. TI. (TM KOMINFO)

tags: , , , ,

Related For Kenalkan Aplikasi Kururio, Kadis Kominfo Dompu Tatap Muka Dengan Relawan TIK