Disbudpar Dompu Gelar Pelatihan Tatakelola Destinasi Pariwisata

Thursday, July 9th 2020. | BERITA, PERIWISATA dan KEBUDAYAAN

Kapala Dinas Pariwista dan Kebudayaan Kabupaten Dompu H. Khairul Insyan, MM Menggelar Pelatihan Tatakelola Destinasi Pariwisata di gedung TP-PKK. Rabu, (08/07/2020).

DOMPUKAB.GO.ID – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Dompu, Rabu (8/7/2020) menggelar pelatihan Tatakelola Destinasi Pariwisata. Pelatihan ini digelar dalam rangka menunjang pengembangan destinasi pariwisata yang mandiri dan berdaya saing di era new normal.

Kegiatan yang berlangsung di gedung TP-PKK Dompu ini, dipimpin Kepala Disbudpar Dompu H. Khairul Insyan, MM didamping jajarannya yakni Kabid PSDM Disbudpar dan para Kepala Seksi (Kasi).

Hadir juga, Asisten III Setda Dompu Drs. H. Gazi Mansuri M.Ap mewakili Bupati Dompu, Ketua DPRD Kab Dompu Andi Bahtiar Amd.par , Kepala BPBD Dompu Jufri ST, M.Si, Kepala RSUD Pratama Manggelewa, Ketua PSOI Dompu, Perwakilan Kepala Bappeda Dompu, para pelaku pariwisata dan puluhan peserta lainnya.

Kepala Disbudpar Dompu H. Khairul Insyan, MM mengatakan, tujuan dari pelatihan ini untuk menyambut New Normal. Walau seperti ini, pihaknya tetap mengikuti seluruh protokol pencegahan Covid-19.

“Seperti halnya dalam kegiatan ini pun kami menerapkan protokol Kesehatan mengatur jarak duduk, memakai masker dan bahkan pemeriksaan suhu badan oleh petugas kesehatan dan mencuci tangan dengan menggunakan sanitizer,” ujarnya.

Tunjuan lainnya lanjut Kadis disbudpar, membangun gairah dan mengajak semua para pelaku pariwisata untuk berkomitmen dan sepakat menjaga, memberikan keamanan serta kenyamanan kepada tamu tamu pariwisata khsususnya dari Mancanegara. “Capaian ini tidak mungkin hanya dilakukan oleh kami, tapi tentu harus ada dukungan semua pihak,” jelasnya.

Ditambahkan Kadisbudpar, dalam perjalanan menuju akhir tahun ini pihaknya tidak dapat melaksanakan kegiatan karena dari sisi budget yang sudah direncanakan kemarin itu dialihkan untuk kegiatan lainnya.

“Kami berharap kedepan kita sama sama sepakat sektor pariwisata dijadikan sektor proitas karena pariwisata sangat menjamin lingkungan besih dan sehat,” terangnya.

Pariwisata sambung Kadisbudpar, menjadi kebutuhan semua pihak seperti butuh refreshing, penyegaran pikiran dan lainnya. Sehingga, inilah alasan kenapa pariwisata perlu menjadi prioritas kedepannya.

“Kepada para pelaku pariwisata (para peserta) kita harus berkomitmen untuk memastikan bahwa kita dapat menjamin keamanan dan kenyamanan para tamu yang hadir di destinasi pariwisata di Dompu ini,” tuturnya.

Disamping itu juga, para pelaku pariwisata agar memasang spanduk di sekitar destinasi pariwisata yang berisi pesan menjaga lingkungan agar tetap bersih. “Para pelaku pariwisata juga harus harus menunjukan dan membuktikan karyanya dalam pariwisata,” katanya.

Sementara itu, Bupati Dompu melalui Asisten III Setda Dompu Drs. H. Gazi Mansuri M.Ap, mengatakan, saat ini Kabupaten Dompu berada pada status New Normal alias tatanan baru kehidupan.

Asisten III Setda Dompu Drs. H. Gazi Mansuri, M.Ap menghadiri Pelatihan Tatakelola Destinasi Pariwisata. Rabu, (08/07/2020).

 

“Alhamdulillah sudah berjalan 4 hari ini Dompu sudah non alias bebas Covid-19 dan sesuai arahan Bupati, kita harus mempertahkan status ini,” katanya.

Ditambahkan Asisten III Setda Dompu, berangkat dari hal ini diminta kepada seluruh pelaku pariwisata agar mengsosialisasikan bahwa Kabupaten Dompu sudah bebas Covid-19. “Tapi kita harus tetap mengikuti protap Covid-19,” jelasnya.

Asisten III Setda Dompu meminta, kepada pelaku pariwisata agar menyiapkan sarana dan prasarana pencegahan Covid-19 di lokasi destinasi pariwisata. “Saya meminta kepada Disbudpar dan para pelaku pariwisata untuk memberikan kontribusi besar bagi daerah ini,” pintanya.

Lebih jauh Asisten III Setda Dompu berharap, semoga adanya kegiatan ini bisa memberikan warna baru dalam dunia pariwisata. “Mari kita semangat untuk memajukan dunia pariwisata di Kabupaten Dompu ini,” ajaknya.

Usai penyampaian ini, Asisten III Setda Dompu secara resmi langsung membuka pelatihan Tatakelola Destinasi Pariwisata. (TM KOMINFO)

tags: ,

Related For Disbudpar Dompu Gelar Pelatihan Tatakelola Destinasi Pariwisata