Di Masa New Normal, Pemda Dompu Tetapkan Lokasi Shalat Idul Adha di Lapangan dan Masjid

Wednesday, July 22nd 2020. | BERITA, TANGGAP COVID-19

Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin memimpin rapat koordinasi dalam rangka menetapkan lokasi pelaksaana Hari Raya Idul adha dan peringatan HUT Kemerdekaan RI Tahun 2020 di Ruang Rapat Bupati Dompu. Rabu, (22/7/2020).

DOMPUKAB.GO.ID – Tak lama lagi umat muslim (masyarakat) Kabupaten Dompu, selain akan menyambut Idul Adha 1441 Hijriah. Juga akan memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) 17 Agustus Tahun 2020.

Walau ditengah masa new normal, Pemda Dompu akhirnya menetapkan shalat idul adha bisa dilaksanakan di lapangan dan di Masjid.

Keputusan ini pun ditetapkan Pemda Kabupaten Dompu, Rabu (22/7/2020) dalam Rapat Koordinasi (Rakor) yang berlangsung di ruang rapat kantor Pemda Dompu.

Rakor yang dipimpin langsung Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin ini, juga dihadiri oleh Kepala OPD lingkup Pemda, termasuk Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Dompu. Hadir juga, Ketua DPRD Dompu, perwakilan Kapolres dan Dandim 1614/Dompu, Ketua MUI Dompu dan Kepala Kemenag Dompu serta undangan lainnya.

Pada kesempatan ini, Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin, menyampaikan, pelaksanaan shalat idul Adha akan dilaksanakan di lapangan beringin Pemda Dompu, lapangan Karijawa, Masjid Raya dan tempat tempat lain yang memenuhi syarat untuk shalat idul adha.

“Tujuan kenapa shalat idul adha di berbagai lokasi agar tidak terjadi kerumuna massa, sehingga benar benar dilaksanakan dengan menerapkan protokol Covid-19,” jelas Bupati Dompu, saat memimpin Rakor penyelenggaraan shalat idul Adha dan upacara HUT RI.

Bupati Dompu juga menjelaskan, dalam momentum shalat idul adha nantinya juga tidak diberlakukan untuk bersalaman guna mencegah penyebaran Covid-19. “Selain itu juga, tidak boleh ada pawai keliling,” terangnya.

Diakui Bupati Dompu, dalam waktu dekat dirinya akan menerbitkan surat edaran tetang protap pelaksanaan hari raya idul adha dan protap tentang tata cara penyembelihan hewan qurban.

Disisi lainnya lanjut Bupati Dompu, mengenai pelaksanaan upacara 17 Agustus Tahun 2020, tetap akan dilaksanakan di lapangan beringin Pemda Dompu.

Dalam momentum ini juga, akan dilaksanakan dengan standar Covid-19 terutama memakai masker, membatasi jumlah peserta upacara dan para undangan dalam kegiatan ini.

“Mengenai kegiatan HUT 17 Agustus ini, akan dibahas lebih intens lagi setelah Idul Adha nantinya,” katanya. (TM KOMINFO)

tags: , , ,

Related For Di Masa New Normal, Pemda Dompu Tetapkan Lokasi Shalat Idul Adha di Lapangan dan Masjid