Bupati Dompu, Himbau Warga Tetap Tenang, Tidak Panik dan Tanggap Covid-19

Thursday, March 26th 2020. | BERITA, TANGGAP COVID-19

DOMPUKAB.GO.ID – Pemerintah Kabupaten Dompu Menggerakan Semua potensi yang dimiliki guna memberikan informasi kepada masyarakat tentang covid-19 atau yang lebih kita kenal dengan virus korona sehingga masyarakat mendapatkan informasi yang jelas dan akurat berkaitan apa itu covid-19 dan bagaimana cara menanggulangi penyebaran tersebut.

Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin dalam menyikapi penyebaran virus corona ini mengeluarkan himbauan nomor : 360/162/BPBD/III/2020 tentang kewaspadaan penyebaran virus corona, dan diharapkan agar masyarakat tetap tenang dan tidak panik.

Melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Dompu yakni bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) dan beberapa instansi terkait telah gencar melaksanakan Calling/siaran keliling yang telah dimulai sejak tanggal 22 Maret 2020 ini rencananya akan dilakukan setiap hari di seluruh Kelurahan dan Desa di delapan Kecamatan se-kabupaten Dompu.

Bupati Dompu juga menghimbau masyarakat untuk menjalankan perilaku hidup bersih dan sehat dengan cara diantaranya: rajin cuci tangan dengan sabun anti septik minimal selama 20 detik, terutama setelah memegang barang-barang di fasilitas umum, menghindari memegang area muka, mulut, hidung sebelum mencuci tangan, menggunakan masker saat batuk, pilek atau flu dan pada saat berada di area infeksius seperti rumah sakit atau pusat keramaian. Menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi buah dan sayur, makanan bergizi serta istirahat yang cukup. Menghindari konsumsi minuman beralkohol, jangan merokok karena dapat menurunkan imunitas tubuh yang berdampak tubuh mudah untuk di hinggapi bakteri dan virus.

Dari pantauan terakhir tim media sampai saat ini tanggal 26 Maret 2020, jumlah orang yang masuk dalam klasifikasi PDP (Pasien Dalam Pengawasan) 1 orang, selain itu dilakukan karantina terhadap 28 orang dengan status ODP (Orang Dalam Pengawasan) dimana  4 orang telah dinyatakan  selesai dalam pemantauan dan 24 orang lainnya masih dalam pemantauan.

Masyarakat juga  dihimbau agar tetap waspada bila mendapati beberapa gejala seperti demam, batuk, sakit tenggorokan yang disertai kesulitan bernapas,  segera memeriksakan diri ke rumah sakit/ puskesmas/ fasilitas kesehatan terdekat.

Diakhir himbauannya bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin juga menyampaikan agar masyarakat menghindari kontak dengan pasien terkonfirmasi covid-19. Jika masyarakat memerlukan informasi lebih lanjut dapat menghubungi Dinas kesehatan atau call center Tim Reaksi Cepat (TRC) penanganan covid-19 Kabupaten Dompu dengan kontak 085 338 116 661. (TM Kominfo)

tags: , , , , ,

Related For Bupati Dompu, Himbau Warga Tetap Tenang, Tidak Panik dan Tanggap Covid-19