Bupati Dompu Buka Musrenbang Tahun Anggaran 2021 Melalui Video Conference

Friday, May 1st 2020. | BERITA, TANGGAP COVID-19


DOMPUKAB.GO.ID – Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Dompu Tahun 2021 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yaitu musrenbang tahun ini memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) melalui video Conference.

Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin dalam pembukaan Musrenbang tersebut menyampaikan bahwa perangkat daerah yang ada di Kabupaten Dompu membuat rencana kerja yang lebih rinci dan fokus pada pemulihan ekonomi melalui pengembangan UKM dan UMKM.

Bupati juga memberikan perhatian kepada para pedagang pinggir jalan yaitu tempat usaha yang lebih baik dan refresentatif, memberikan Perhatian khusus kepada anak muda atau pemula yang merintis usaha dan mendorong anak muda tesebut sebagai pelaku ekonomi.

Bupati Dompu juga mengingatkan untuk membuat program khusus terutama yang menjadi korban pandemi berupa sarana dan prasarana, modal usaha bagi yang melakukan usahanya secara mandiri, Bupati juga menyampaikan tentang pemanfaatan Dam Tanju dan Pembangunan pelabuhan nusantara Kilo.

Tampil juga sebagai pembicara pada musrenbang melalui vincon tersebut Dr. Arif Tasrip dari TNP2K yang pada pokoknya menyampaikan bahwa faktor ketidakpastian dalam program kebijakan anggaran, dampak COVID-19 pelambatan ekonomi dan tekanan fiskal baik secara nasional maupun daerah. Arif juga mengatakan yang kena dampaknya yaitu rumah tangga tidak punya penghasilan, UMKM dan adanya kredit macet, iya juga berbicara tentang penyelamatan UKM dan UMKM yang berarti penyelamatan ekonomi indonesia, caranya dengan dana BANSOS, JPS untuk warga miskin dan rentang miskin, insentif pajak atau keringanan pajak, relaksasi kredit (KUR) modal kerja.

Ketua DPRD Kabupaten Dompu Andi Bahtiar, A. Md. Par pada Musrenbang Kabupaten Dompu Tahun 2021 menyampaikan tentang pokok-pokok pikiran (Pokir) Dewan diantaranya penurunan angka kemiskinan, bantuan untuk usaha kecil/BAKULAN, sarana dan prasarana pertanian, pelatihan kerja, penyediaan infrastruktur dasar dan strategis seperti air bersih, jalan ekonomi, peningkatan pelayanan dasar seperti pendidikan dan kesehatan, bantuan untuk tempat-tempat ibadah, peningkatan kualitas lingkungan hidup, sarana dan prasarana untuk abrasi pantai, pelatihan-pelatihan dan sosialisasi.

Sedangkan Dr. H. Mahzulan Kabid Evapol dari Bappeda Provinsi NTB menyampaikan tentang pembangunan infrastruktur, akuntabilitas, Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), pemanfaatan Sumber Daya Alam (SDA), Peningkatan nilai tambah, penegakan hukum pariwisata dan daya bersaing.
Pada sesi masukan dan tanya jawab asisten administrasi umum (Drs.H.Gaziamansyuri) berbicara tentangkan APBD dan pemulihan ekonomi. Sedangkan kepala Bappenda Kabupaten Dompu (Ir.Armansyah) tentang optimalisasi pendapatan Daerah, mencari dan mengembangkan sumber-sumber potensi PAD. Sedangkan Kadis Perhubungan (Ir. Syarifudin) menyampaikan tentang tahapan-tahapan perencanaan dan kajian tentang prioritas pembangunan pelabuhan Kilo bisa disampaikan. Sedangkan camat Kempo menyampaikan tentang penanganan COVID-19 di Kecamatan Kempo.

Musrenbang penyusunan RKPD Kabupaten Dompu tahun anggaran 2021 melalui video conference ini dilaksanakan pada Kamis, 30 April 2020 di center room aula Bappeda, diikuti oleh Bupati Dompu, Wakil Bupati Dompu, ketua DPRD kabupaten Dompu, Porkopimda Kabupaten Dompu, Bappeda Provinsi NTB, Sekretaris Daerah Kabupaten Dompu, Para Assisten, Staf ahli Bupati, Pimpinan Perangkat Daerah, Para Kabak Lingkup Setda Kabupaten Dompu, Pimpinan Instansi Vertikal, BUMN, BUMD, Camat dan Perusahaan Swasta se Kabupaten Dompu dengan moderator Sekretaris Bappeda dan Litbang Muhammad Syahroni, SP MM.(TM KOMINFO)

tags: , , ,

Related For Bupati Dompu Buka Musrenbang Tahun Anggaran 2021 Melalui Video Conference