Pemkab. Dompu Gelar Rapat Rencana Revitalisasi Fungsi Pelabuhan Perikanan (PPI) Soro Adu Desa Jambu Kab. Dompu

Thursday, October 10th 2024. | BERITA

dompukab.go.id – Selasa (08/10/2024), bertempat di ruang aula Wakil Bupati Dompu dilaksanakan Kegiatan rapat Rencana Revitalisasi Fungsi Pelabuhan Perikanan (PPI) Soro Adu Desa Jambu Kecamatan pajo Kabupaten Dompu Tahun 2024. Hadir pada kegiatan ini Sekretaris Daerah Kab. Dompu mewakili Pjs. Bupati Dompu, Kadis Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB, Sekretaris DLHK Provinsi NTB, Kepala Bappeda & Littbang dan Pejabat penting lainnya Pada Pukul 09.00 Wita – Selesai.

PP Soro Adu termasuk dalam Rencana Induk Pelabuhan Perikanan Nasional (RIPPN) sesuai dengan Kepmen Kelautan Dan Perikanan RI Nomor 132 Tahun 2023. Indikasi Program Perwujudan Rencana Struktur Ruang Wilayah Provinsi NTB 2024 – 2044 (Perda NTB No. 5 Tahun 2024). Potensi Pengembangan PP Soro Adu :
– Program Pengelolaan Perikanan Tangkap, yaitu Penetapan Lokasi Pembangunan Serta Pengelolaan Pelabuhan Perikanan Milik Provinsi.
– Potensi Perikanan, Produksi Perikanan Dominan Ikan Pelagis, Tuna, Cakalang, Lenadang dan Tongkol Dengan Produksi 180 Ton Per Tahun Senilai 4 Miliar.
– Pertumbuhan Nilai Ekonomi, yaitu suplay pasar dan salah satu rantai pasok ikan yang meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.
– Strategis dan Aman, yaitu Lokasi PP didalam kawasan teluk yang dekat dengan daerah penangkapan 573.

Adapun tujuan dilakukan kegiatan rapat ini yaitu untuk menginformasikan lebih awal kepada masyarakat Dompu dan sekitar lokasi pembangunan yang berada di Desa Jambu untuk meminta dukungan kepada masyarakat atas rencana pembangunan ini, terutama keamanan dalam pelaksanaan pembangunan PPI Desa Soro Adu.

Dalam sambutannya Sekretaris Daerah Kab. Dompu mewakili Pjs. Bupati Dompu memberikan apresiasi kepada Dislutkan Provinsi NTB terhadap kegiatan ini.

”Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini semoga berjalan dengan lancar dan saya mengucapkan terimakasih kepada Dislutkan Provinsi NTB yang akan melaksanakan kegiatan ini” Jelasnya.

Selain itu, Dalam sambutannya Muslim, S.T., M.Si selaku Kepala Dislutkan Provinsi NTB memaparkan Rencana Teknis Pembangunan kegiatan yang akan dilakukan seperti rehabilitasi Desa Soro Adu.

”Kita akan membangun kontruksi batu kali sebagai penahan tekanan dan pergerakan tanah kurang stabil di sekitar dermaga, rehab tempat pelelangan ikan, pembangunan pabrik es dan fasilitas pendukung lainnya” Jelasnya

Selain itu, Dalam sambutannya Kepala Bappeda & Littbang Kabupaten Dompu mengucapkan terimakasih atas pelaksanaan pembangunan yang berintegrasi dengan kegiatan pariwisata di Kabupaten Dompu.

” Saya harap dengan pembangunan ini dapat menjadi sarana pariwisata yang ada di daerah kita, harus dipikirkan pola pemberdayaan masyarakat lokal serta mengantisipasi adanya potensi konflik masyarakat” Jelasnya.
(TM.KOMINFO)

Share and Enjoy !

Shares

Related For Pemkab. Dompu Gelar Rapat Rencana Revitalisasi Fungsi Pelabuhan Perikanan (PPI) Soro Adu Desa Jambu Kab. Dompu