Ketua DPRD Kabupaten Dompu, Membuka Perhelatan Pacuan Kuda di kecamatan Kempo

Thursday, June 15th 2023. | BERITA

Ketua DPRD Kabupaten Dompu Andi Bahtiar, A.Md membuka secara resmi Pacuan Kuda di lapangan Sera ala Kecamatan Kempo

dompukab.go.id – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Dompu Andi Bahtiar, A.Md Par membuka secara resmi Pacuan kuda di lapangan Sera ala kecamatan. Kempo rabu, 14/6/2023.

Dalam sambutannya Ketua Dewan Andi Bahtiar, A.Md mengatakan bahwa pacuan kuda adalah salah satu perhelatan yang memadukan adat, budaya di era moderenisasi tanpa mengabaikan nilai- nilai dan norma-norma lokal, pacuan kuda juga bertujuan untuk mengenang kembali tradisi yang turun temurun yang beberapa tahun mengalami kefakuman, dan adanya komunikasi yang baik antara eksekutif dan legislatif di temukan kata sepakat untuk menyediakan anggaran.

Lebih lanjut Ketua Dewan Andi Bahtiar, A.Md mengatakan Pondasi memberikan kesempatan kepada kecamatan Kempo untuk melaksanakan perhelatan pacuan kuda di lapangan Sera ala Kecamatan Kempo Kabupaten Dompu, yang menjadi harapan apa yang telah di putuskan oleh pemerintah dan DPRD di temukanlah kata sepakat untuk menyediakan anggaran, ini bukan tanpa alasan bahwa pacuan kuda ini mempunyai multi efek, bukan hanya mengembangbiakkan ternak tetapi mengembangkan sektor-sektor lainnya termasuk di dalamnya usaha kecil dan menengah, maka kami menitip harapan yang besar kepada para pelaku usaha, baik pelaku usaha lokal maupun yang berasal dari luar Kecamatan. Kempo untuk bisa bersinergi dalam membangun unit usaha karena ini merupakan sentral baru setelah berjangkitnya covid 19,

Lanjut Andi Bahtiar, A.Md apapun jenis even yang di laksanakan jika tidak didukung oleh rasa aman dan nyaman, tidak akan mampu kita laksanakan, saya mengucapkan Terima kasih kepada aparatur keamanan kapolsek, Danramil dan Satpol. PP yang turut serta menjaga keamanan pacuan kuda Kecamatan Kempo, aparat TNI/Polri serta Satpol. PP tidak mampu bekerja sendiri tanpa dukungan semua pihak.

Jika sektor ekonomi bisa tumbuh kembang, dan sektor keamanan bisa terjaga dan di jaga dengan baik, maka tahun depan perhelatan ini bisa di laksanakan lagi, pemerintah melakukan komunikasi dengan PORDASI agar even ini bisa diadakan menjadi dua kali setahun untuk di kabupaten Dompu di Lepadi dan satu kali lagi di kecamatan Kempo dengan satu catatan agar sektor ekonomi tumbuh kembang, kemudian sektor-sektor lainnya juga termasuk pemilik kuda pola-pola penbinaan dan perawatan yang baik dan ilmu pengetahuan dan kecanggian teknologi ungkapnya.

Sebelumnya Ketua panitia pelaksana pacuan kuda sekaligus Ketua PORDASI kecamatan Kempo Syarif Ambarita dalam laporannya menyampaikan bahwa Pacuan kuda kecamatan Kempo mengambil “tema Atraksi budaya pacoa jara Kecamatan Kempo Kabupaten Dompu tahun 2023” sedangkan peserta pacuan kuda berasal dari Sumba, Sape, Kabupaten Bima, Kota Bima, Kabupaten Dompu, Kabupaten Sumbawa serta dari pulau Lombok. Syarif juga menyampaikan jumlah kuda yang di pertandingkan sebanyak lima belas kelas F, sumber dana berasal dari Dinas Pariwisata Provinsi. NTB sebanyak Rp. 250 juta, dari Pemda Dompu atau PORDASI Dompu sebesar Rp. 100 juta dan pendaftaran 150 juta, jumlah keseluruhan Rp.500 juta, jumlah kuda yang terdaftar 585 ekor, jumlah nomor yang di pertandingkan 15 klas, mulai kelas tka sampe klas F, total hadiah yang di perebutkan 418 juta.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Dompu yang di wakili Asisten 3 Ir. Ruslan, Ketua DPRD Kabupaten. Dompu, Staf khusus Gubernur NTB, Camat Kempo, Danramil, Kapolsek, Kepala Desa, Ketua Pordasi dan elemen penting lainnya. (TM Kominfo).

Share and Enjoy !

Shares

Related For Ketua DPRD Kabupaten Dompu, Membuka Perhelatan Pacuan Kuda di kecamatan Kempo