Bupati Dompu Lepas Perdana Jalur Tol Laut Khusus Ternak di Pelabuhan Calabai

Monday, June 21st 2021. | BERITA

Bupati Dompu Kader Jaelani, melakukan pelepasan perdana jalur tol laut pengangkutan ternak sapi potong melalui Dermaga Calabai, Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu. Senin (21/6/2021)

DOMPUKAB.GO.ID – Bupati Dompu Kader Jaelani, Senin (21/6/2021) melakukan pelepasan perdana jalur tol laut pengangkutan ternak sapi potong melalui Dermaga Calabai Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu.

Bupati Dompu Kader Jaelani melalui sambutannya menyampaikan berdasarkan jadwal yang ada seharusnya pengangkutan ternak melalui tol laut ini, dijadwalkan pengangkutannya melalui dermaga Bima. Namun karena keinginan dari seluruh lapisan masyarakat untuk mempermudahkan pengangkutan ternak dari Kabupaten Dompu agar dapat dilaksanakan melalui dermaga Calabai Kecamatan Pekat, maupun Dermaga Soro Kecamatan Kempo.

“Atas aspirasi dan keinginan masyarakat Kabupaten Dompu telah disampaikan kepada Menteri Perhubungan RI dan langsung disetujui untuk melakukan deviasi Kapal KM Camara Nusantara 4 dapat melayani trayek melalui pelabuhan Calabai menuju Tanjung Priok, untuk pengangkutan ternak sapi dalam memenuhi kebutuhan Idhul adha 1442 Hijriah,” ungkapnya.

Lanjut Bupati, tol laut khusus ternak ini adalah bagian dari program nawacita Presiden RI. Ir. H. Joko Widodo, salah satunya dengan menjadikan program tol laut sebagai poros maritim pengangkutan dan pengiriman ternak di beberapa wilayah, terjadi karena adanya faktor daging sapi yang tinggi di central konsumen tidak produktif dan NTB selama ini sudah sangat dikenal sebagai pemasok ternak sapi dan telah banyak memberikan kontribusi untuk pemenuhan kebutuhan sapi kurban setiap tahunnya.

“Keberadaan kapal khusus pengangkut ternak juga merupakan tindak lanjut dari rekomendasi Litbang KPK RI terkait perbaikan tata niaga komuditas strategis daging sapi,” paparnya.

Tambah Bupati, pihaknya selaku Pemda Dompu menyampaikan rasa terimakasih kepada jajaran kementerian perhubungan melalui Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Ditjen Perhubungan Laut dan khsususnya kepada Kepala Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas 3 Calabai yang telah ikut mensuport dalam memberikan kepastian jaminan bahwa dermaga calabai layak untuk dijadikan sebagai trayek tol laut.

“Kami juga ucapkan terimakasih kepada pemerintah Provinsi NTB melalui Dinas Pertenakan dan Kesehatan Hewan NTB atas dukungan sehingga terjadwal pengangkutan ternak melalui dermaga calabai dapat terlaksana dengan baik,” ucapnya.

Sambung Bupati, ia juga berharap Trayek KM Cemara Nusantara 4 tidak saja dapat melakukan pengangkutan ternak untuk kebutuhan Idul adha, tapi juga dapat dijadwalkan secara permanen atau rutin setiap saat atau secara berkala. “Semoga kehadiran tol laut ini dapat memberikan dampak positif dalam pembangunan dan kemajuan perekonomian masyarakat Dompu, salah satunya mempermudah proses pengangkutan ternak,” katanya.

Bupati menyebut, dengan program Jara Pasaka, Sapi merupakan salah satu komponen utama sehingga dirasa mendesak untuk mendapatkan perhatian lebih, mengingat Kabupaten Dompu secara historis telah lama dikenal sebagai gudang ternak. Potensi pengembangan ternak sapi di Kabupaten Dompu sangat menjanjikan dikarenakan didukung oleh sumber daya yang sangat melimpah.

“Dengan kehadiran tol laut ini memberikan dampak yang cukup besar terhadap perekonomian masyarakat, khsususnya bagi petani peternak dalam menumbuhkan kembangkan kebutuhan usaha pengembangan ternak sapi baik itu budidaya maupun usaha penggemukan sapi, termasuk juga bagi para pengusaha yang bergerak di bidang pertenakan sebagai mitra petani dan pemeritah. Disamping itu juga akan memudahkan tumbuh kembangnya perekonomian di sektor lain,” terangnya.

Sebelumnya, pada acara ini selain Bupati Dompu Kader Jaelani, juga hadir Wakil Bupati Dompu H. Syahrul Parsan, ST. MT., Ketua DPRD Dompu Andi Bachtiar Jufri, A.Md., Par, Dandim 1614/Dompu Letkol Inf. Ali Cahyono S.kom, Kapolres Dompu di Wakili oleh Wakapolres Dompu Kompol Abdi Mauluddin, S. Sos., Anggota Forkopimda dan Pimpinan Organisasi perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Dompu.

Hadir juga, Staf Ahli Bidang Ekonomi, SDA, pembangunan dan Infrastruktur, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Dompu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Dompu, Asisten Administrasi Umum Setda Dompu, Kepala Inspektorat Dompu, Sekretaris DPRD Dompu, Kepala Bappeda dan Litbang Dompu, Kepala BPBD Dompu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Dompu, Kepala BPKAD Dompu, Kepala Bakesbangpol Dompu, Kepala Dinas PUPR Dompu, Kepala Dinas Perkim Dompu, Kepala Dishub Dompu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Dompu, Kepala Distanbun Dompu, Kepala Disperindag Dompu, Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Dompu, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Dompu, Kepala Dikes Dompu, Kepala Dinas Dikpora Dompu, Kepala Disbupar Dompu, Kepala Dinas Sosial Dompu, Kepala DP3A Dompu, Kepala DPPKB Dompu, Kepala Disnakertrans Dompu, Kepala DPMPD Dompu, Kepala Dukcapil Dompu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Dompu, Kepala Bagian pemeritahan Setda Dompu, Kabag Hukum Setda Dompu, Kabag Organisasi Setda Dompu, Kabag Perekonomian dan Sumberdaya Alam Setda Dompu, Kabag Kesejahteraan Rakyat Setda Dompu, Kabag Prokopim Setda Dompu, Kabag Kerjasama Setda Dompu, Kabag Administrasi Pembangunan Setda Dompu, Kabag Perencanaan dan Keuangan Setda Dompu, Kabag Perencanaan Barang dan Jasa Setda Dompu, para Camat, Kepala Desa se-Kecamatan Pekat. (TM KOMINFO)

Share and Enjoy !

Shares

Related For Bupati Dompu Lepas Perdana Jalur Tol Laut Khusus Ternak di Pelabuhan Calabai